Home » Putin Bersumpah akan Tumpas Pemberontakan Prigozhin dan Merebut Kembali Kota Rostov

Putin Bersumpah akan Tumpas Pemberontakan Prigozhin dan Merebut Kembali Kota Rostov

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Vladimir Putin telah bersumpah untuk menghancurkan pemberontakan yang dipimpin oleh panglima perang Yevgeny Prigozhin dan menggambarkan pemberontakan bersenjata yang bergerak melalui kota-kota di Rusia Selatan sebagai “tikaman dari belakang” yang berbahaya.

Menghadapi upaya kudeta pertama di Rusia selama tiga dekade, presiden Putin mengatakan dia telah memberikan perintah yang diperlukan untuk menangani kelompok paramiliter Wagner dengan langkah tegas demi merebut kembali kota Rostov.

Pidato Putin pada Sabtu pagi datang beberapa jam setelah Prigozhin mengklaim telah memblokade kota Rusia selatan, ketika orang-orang bersenjata bertopeng dengan tank dan kendaraan lapis baja mengepung gedung-gedung pemerintah.

Kremlin pada gilirannya mengerahkan pasukan keamanan untuk menopang pertahanan di sekitar Moskow dan menyerang pasukan Wagner melalui udara saat mereka bergerak ke utara menuju ibu kota.

Pemberontakan tersebut adalah ancaman paling serius bagi pemerintahan Putin selama dua dekade di Rusia. Presiden tidak akan memberikan ruang untuk kompromi dengan mantan pembantunya tersebut.

“Apa yang kita hadapi adalah pengkhianatan. Ambisi yang tidak terkendali dan kepentingan pribadi telah membawa pengkhianatan terhadap negara dan rakyat kami,” kata Putin, Sabtu (24/6).

Dalam beberapa jam, Prigozhin mengeluarkan tanggapan yang menantang, dan mengatakan bahwa pasukan Wagnernya tidak lagi ingin hidup “di bawah korupsi, kebohongan, dan birokrasi”.

Prigozhin selanjutnya berjalan masuk ke markas militer Rostov di Rusia selatan dalam pesan audio yang dirilis oleh layanan persnya.

Prigozhin menambahkan bahwa pihaknya merupakan patriot tanah air yang terus berjuang.

“Tentang pengkhianatan terhadap ibu pertiwi, presiden salah besar. Kami adalah patriot tanah air kami. Kami akan terus berjuang,” tandasnya.

Sebelumnya, Prigozhin difilmkan berjalan ke markas militer Rostov, pusat komando untuk Rusia selatan, sebelum mengomel pada wakil menteri pertahanan dan seorang jenderal senior tentang upayanya untuk menggulingkan kepemimpinan tentara.

Pejuangnya kemudian tampak menuju ke utara menuju Moskow, menurut kementerian pertahanan Inggris, dalam konvoi melalui Voronezh bahwa adegan luar biasa itu adalah bagian dari apa yang dikatakan Prigozhin sebagai “pawai keadilan” melawan menteri pertahanan Sergei Shoigu dan Valery Gerasimov, komandan pasukan invasi Rusia.

Kelompok paramiliter Wagner Prigozhin telah bermusuhan dengan kedua pejabat itu selama berbulan-bulan atas penanganan invasi Ukraina.

“Kami menginginkan (Gerasimov dan Shoigu). Sampai mereka di sini, kami akan tinggal, memblokade Rostov dan menuju ke Moskow,” kata Prigozhin kepada wakil menteri pertahanan Yunus-Bek Yevkurov dan Vladimir Alekseyev, wakil kepala intelijen militer Rusia.

“Kami menyelamatkan Rusia,” Prigozhin mengklaim Wagner telah menembaki pasukan Rusia dan menembak jatuh tiga helikopter tentara.

Dalam pidatonya pada hari Sabtu, Putin menyamakan “pengkhianatan” Prigozhin dengan Revolusi Rusia pada tahun 1917, ketika Tsar digulingkan dan kaum Bolshevik mengambil alih kekuasaan dalam menghadapi kerusuhan rakyat atas perang dunia pertama.

“Intrik, pertengkaran, dan politik di belakang tentara dan punggung rakyat berakhir dengan kehancuran besar-besaran, kehancuran tentara dan jatuhnya negara, hilangnya wilayah yang luas, dan pada akhirnya, tragedi perang saudara,” katanya.

“Kami tidak akan membiarkan itu terjadi lagi,” tegas Putin mengakui situasi di Rostov rumit dengan pekerjaan komando sipil dan militer pada dasarnya telah diblokade.

Namun dia mengatakan pasukan keamanan telah diperintahkan untuk menstabilkan kota.

Putin juga mengatakan bahwa dirinya telah memerintahkan tindakan tambahan yang bersifat anti-teroris di Moskow dan beberapa wilayah lainnya. (Yog)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts