Home » Rekaman Teriakan Korban Kapal Selam ‘Titan’ Viral di Medsos: Ini Penjelasan Militer AS

Rekaman Teriakan Korban Kapal Selam ‘Titan’ Viral di Medsos: Ini Penjelasan Militer AS

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Sebuah klip rekaman audio viral di media sosial pada Juni 2023 yang lalu, yang diklaim sebagai rekaman suara dari dalam kapal selam tur Titanic bernama Titan, yang hilang kontak beberapa hari sebelumnya.

Dalam rekaman tersebut terdengar seseorang berteriak meminta bantuan. Hingga hari ini (9/7/23), rekaman teriakan yang diduga korban kapal selam Titanic tersebut telah dilihat 20 jutaan orang di berbagai media sosial.

Namun demikian, suara viral yang terdengar di rekaman itu, “Michael, jangan tinggalkan aku di sini” dan “tolong aku”, ternyata bukan berasal dari kapal selam Titanic.

Pihak militer Amerika Serikat (AS) tegas mengatakan jika rekaman yang beredar di media sosial tersebut adalah palsu.

Secara aturan diketahui bahwa militer AS tidak diperkenankan menayangkan rekaman apapun yang mereka dapat ke media sosial. Maka, tidak mungkin rekaman macam itu beredar luas di media sosial.

Hal tersebut disampaikan juru bicara militer AS, kepada media dalam sebuah wawancara belum lama ini.

“Angkatan Laut umumnya tidak merilis audio untuk melindungi taktik, teknik, dan kemampuan kami,” kata juru bicara militer AS itu.

Menurut mereka, berbagi audio semacam itu secara publik dapat menelanjangi sistem deteksi akustik rahasia Angkatan Laut kepada musuh negara.

Alasan lain mengapa rekaman yang beredar itu paslu ialah karena laporan menyebut bahwa kapal selam itu meledak dalam beberapa jam setelah memasuki air. Itu artinya, apa yang disebut suara dentuman di audio tidak mungkin berasal dari kapal selam.

Belakangan diduga bahwa klip rekaman suara yang viral di media sosial itu mengarah ke video YouTube 2020 yang dibuat oleh akun Squimpus McGrimpus. Audio dengan durasi singkat itu identik dengan klip yang dibagikan di media sosial.

Klip YouTube berjudul “Finale” adalah bagian dari serial video horor analog buatan penggemar berdasarkan serial video game survival horror Five Nights at Freddy’s yang pertama kali dirilis pada tahun 2014.

Efek suara itu meraih popularitas pada tahun 2021 dan menginspirasi meme visual berdasarkan audio, menurut Know Your Meme, sebuah situs web yang mendokumentasikan meme online.

Sebagai informasi, kapal selam Titanic milik Ekspedisi OceanGate kehilangan kontak dengan kapalnya pada 18 Juni selama penyelaman laut dengan lima penumpang di dalamnya dan tidak ada kontak lebih lanjut yang dilaporkan selama upaya pencarian dan penyelamatan multinasional yang dipimpin oleh Angkatan Laut AS.

Penemuan puing-puing di dasar laut yang diumumkan pada 22 Juni membuat USCG menyimpulkan bahwa kapal selam itu mengalami “bencana ledakan”, tanpa ada yang selamat.

Pada tanggal 28 Juni, potongan kapal selam yang diselamatkan dibawa ke darat di Newfoundland, Kanada, sebagaimana dilaporkan Reuters, mengutip Canadian Broadcasting Corporation.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts