Home » Poswindu Lansia Sukses Dilaksanakan oleh Satgas Pamtas dan Puskesmas di Desa Merakai Panjang

Poswindu Lansia Sukses Dilaksanakan oleh Satgas Pamtas dan Puskesmas di Desa Merakai Panjang

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 10 Bradjamusti bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Puring Kencana berhasil melaksanakan program Poswindu untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) di Desa Merakai Panjang, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada Kamis (13/07/2023).

Poswindu merupakan program pelayanan terpadu yang tidak hanya terfokus pada bayi dan ibu hamil, tetapi juga menyasar lansia. Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Mayor Arm Ady Kurniawan M.Han. menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan pemeriksaan rutin dan deteksi dini penyakit kepada lansia, serta memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pola hidup sehat bagi masyarakat di perbatasan.

“Kami membantu tenaga kesehatan Puskesmas dalam program Poswindu untuk melakukan pemeriksaan rutin dan deteksi dini penyakit pada Lansia,” ujar Danpos Merakai Panjang.

Melalui kerja sama antara personel Satgas Pamtas dan Dinas Kesehatan di wilayah perbatasan, kegiatan Poswindu dilaksanakan dengan melibatkan petugas kesehatan dan prajurit Satgas Pamtas khusus bidang kesehatan. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan meliputi tes tanda vital seperti tensi, pemeriksaan gula darah, diabetes, dan kolesterol.

Bidan Puskesmas Kecamatan Puring Kencana, Ibu Adriani, mengapresiasi kehadiran Satgas Pamtas yang membantu meringankan tugas tenaga kesehatan di perbatasan. Ia juga menekankan pentingnya sinergisitas dalam mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama lansia.

“Kami berterima kasih atas bantuan personil Satgas Pamtas pos Merakai Panjang, Poswindu bisa dilaksanakan dengan lancar,” ucapnya.

Dalam rangka menjalankan program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang sehat, Dansatgas menegaskan komitmen Satgas Pamtas untuk terus bersinergi dengan Dinas Kesehatan, termasuk Puskesmas Kesehatan, guna membudayakan gaya hidup sehat dan mencegah risiko penyakit di lingkungan dan masyarakat sekitar.

Dengan dilaksanakannya program Poswindu bagi lansia di Desa Merakai Panjang, diharapkan kesehatan dan kualitas hidup lansia dapat terjaga dengan baik.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts