Home ยป Kunjungan Diplomasi Internasional: Taruna AAL Angkatan ke-70 Mempererat Hubungan dengan Uruguay Navy

Kunjungan Diplomasi Internasional: Taruna AAL Angkatan ke-70 Mempererat Hubungan dengan Uruguay Navy

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang sedang memperingati ulang tahun ke-70 melaksanakan kunjungan kehormatan ke Uruguay Navy, pada Rabu (2/8/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari acara Kartika Jala Krida tahun 2023 yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo, bertujuan sebagai bentuk peran diplomasi internasional.

Dalam kunjungan tersebut, Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo, bersama dengan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2023, diterima dengan hangat oleh Commanding Officer Uruguay Navy, Capitan de Navio Mario A Vaucher.

Selain sebagai bentuk kunjungan kehormatan, acara ini juga menjadi wujud pelaksanaan tugas sesuai UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Sebagai Komponen Pertahanan Utama Matra Laut, TNI Angkatan Laut bertugas menjaga keamanan, menegakkan hukum di laut, serta melaksanakan diplomasi maritim dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut di seluruh Indonesia.

Dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982, Indonesia diakui sebagai negara kepulauan. Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut memiliki peran universal sebagai kekuatan Pertahanan, Diplomasi, dan Penegakan hukum nasional di laut. Dengan tekad menjaga Kedaulatan Nasional, TNI Angkatan Laut siap melaksanakan tugas pokoknya.

Acara berakhir dengan pemberian Cinderamata dari Palaklat KJK 2023, Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo, yang mewakili Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, kepada Commanding Officer Uruguay Navy, Capitan de Navio Mario A Vaucher.

Dengan kunjungan ini, diharapkan hubungan diplomatik dan kerjasama antara Indonesia dan Uruguay akan semakin kuat dan harmonis dalam menjaga keamanan dan kedaulatan laut kedua negara. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts