Home ยป Serangan Mematikan di India Munculkan Kecemasan Terhadap Kebijakan Nasionalis Hindu

Serangan Mematikan di India Munculkan Kecemasan Terhadap Kebijakan Nasionalis Hindu

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Minggu ini terjadi kekacauan kekerasan terpisah di India. Insiden pertama adalah dugaan penembakan tiga pria Muslim oleh seorang petugas polisi di kereta api, seperti dilansir dari CNN, Kamis (3/8/2023).

Kejadian ini terjadi beberapa minggu sebelum negara itu menyambut para pemimpin G20 ke ibu kotanya, New Delhi. Kekerasan etnis juga pecah di negara bagian utara Harayana, ketika organisasi Hindu sayap kanan memimpin prosesi keagamaan di kota Nuh.

Bentrokan ini menyebar hingga ke pusat keuangan dan teknologi, Gurugram, yang menjadi rumah bagi lebih dari 1,5 juta orang dan ratusan perusahaan global. Dalam aksi brutal tersebut, massa menargetkan bangunan milik Muslim, membakar bangunan, merusak toko, dan restoran.

Akibatnya, setidaknya enam orang tewas, termasuk seorang pengkhotbah di dalam sebuah masjid yang dibakar, dan lebih dari 110 orang telah ditangkap oleh pihak berwenang. Dewan distrik Gurugram telah mengeluarkan perintah penutupan beberapa lembaga pendidikan dan kantor pemerintah.

Saat kekerasan terjadi di utara, sekitar 1.300 kilometer di selatan, di Maharashtra, sebuah serangan mematikan lainnya terjadi di dalam sebuah kereta api menuju Mumbai. Seorang petugas polisi menembakkan senapan di dalam kereta yang sedang bergerak, menewaskan empat orang, termasuk seorang konstabel senior dan tiga penumpang Muslim.

Dalam sebuah video yang beredar dan sudah viral, petugas tersebut terlihat berdiri di atas tubuh korban dengan senapan di tangan, sementara para penumpang yang ketakutan berkerumun di ujung gerbong. Petugas tersebut menyatakan dukungannya pada pemimpin negara, Narendra Modi, dan Menteri Besar Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, yang merupakan pemimpin partai nasionalis Hindu.

Kekerasan komunal ini semakin meningkat di India. Sebuah studi mencatat peningkatan 786% dalam kejahatan kebencian terhadap semua minoritas antara tahun 2014 dan 2018, setelah kemenangan pemilu BJP.

Meskipun BJP mengklaim bahwa mereka tidak melakukan diskriminasi terhadap minoritas dan โ€œmemperlakukan semua warganya dengan kesetaraan,โ€ studi dan laporan berita menunjukkan bahwa korban utama dari kejahatan kebencian ini adalah Muslim.

Kondisi ini semakin diperburuk oleh retorika politik yang provokatif dan kebijakan nasionalis Hindu yang populer. Menteri Besar Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, adalah salah satu politisi BJP yang paling kontroversial dengan undang-undang yang, menurut para kritikus, berakar pada โ€œHindutvaโ€ โ€“ landasan ideologis nasionalisme Hindu.

Sementara para analis menyatakan kekhawatiran bahwa kekerasan ini dapat mempengaruhi pertemuan para pemimpin G20 di New Delhi bulan depan.

Para pemimpin oposisi dan aktivis menyebut serangan-serangan ini sebagai โ€œkejahatan kebencianโ€ yang menargetkan populasi minoritas Muslim di India. Mereka juga menyatakan keprihatinan terhadap keheningan pemerintah atas serangan-serangan ini, yang dapat memperkuat kelompok sayap kanan radikal.

Sebagai negara dengan salah satu populasi Muslim terbesar di dunia, dengan perkiraan 170 juta penganut, sekitar 15 persen dari total populasi 1,4 miliar, India harus menghadapi tantangan mengatasi perpecahan komunal dan meningkatnya kekerasan etnis yang membayangi kedatangan para pemimpin G20 ke New Delhi. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts