Home ยป Paus Fransiskus Ajak Generasi Muda Berperan Aktif dalam Merawat Bumi dan Kaum Miskin

Paus Fransiskus Ajak Generasi Muda Berperan Aktif dalam Merawat Bumi dan Kaum Miskin

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Dalam pertemuan pertamanya dengan para pemuda sebelum tiba di acara utama World Youth Day, Paus Fransiskus pada 3 Agustus 2023, mendorong para hadirin untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam merawat bumi dan kaum miskin.

Paus Fransiskus, dilansir dari thetablet.co.uk, memulai hari keduanya di Portugal dengan bertemu para mahasiswa di Universitas Katolik Portugis di Lisbon, diikuti oleh kunjungan dengan para relawan muda di sebuah kota pantai di luar kota yang mempromosikan pendidikan di komunitas miskin.

Di universitas tersebut, Paus pertama-tama mendengarkan kesaksian empat mahasiswa yang membagikan pengalaman akademis mereka dan harapan untuk masa depan. Tema yang dibahas adalah โ€œekologi integral,โ€ pandangan tentang keterhubungan masalah-masalah dunia yang dikembangkan oleh Fransiskus dalam ensikliknya yang berjudul Laudato Siโ€™ pada tahun 2015 mengenai lingkungan.

โ€œGenerasi saya diminta untuk tidak mengabaikan banyak wawasan yang ditawarkan oleh Laudato Siโ€™,โ€ kata Tomรกs Virtuoso, 29 tahun, mahasiswa teologi tahun kedua dengan gelar sarjana dan magister ekonomi.

Paus Fransiskus mendorong penggunaan ilmu pengetahuan dengan percaya pada karunia ilahi akal budi untuk menemukan solusi-solusi efektif atas tantangan yang dihadapi.

Ia juga menekankan penolakan terhadap kemajuan teknologi yang tidak memiliki akar etika dan spiritual yang kuat, serta perlunya hidup sesuai dengan tuntutan kebajikan bersama dan pilihan preferensial bagi kaum miskin.

Paus Fransiskus menyatakan bahwa ekologi integral tidak mungkin terjadi tanpa Tuhan, dan mengajak umat Katolik muda untuk ber-evangelisasi dengan berani.

Di Cascais, sebuah kota abad pertengahan yang indah dan tempat wisata pantai populer di barat Lisbon, Paus Fransiskus bertemu dengan anggota muda dari cabang Portugal, Scholas Occurrentes, sebuah gerakan pemuda internasional yang didirikannya untuk mempromosikan pendidikan di komunitas miskin di seluruh dunia.

Paus diberikan sebuah kuas untuk menyelesaikan lukisan dinding dan langit-langit yang rumit berjudul โ€œKehidupan Antara Duniaโ€ yang menghiasi kantor pusat kelompok tersebut.

Pada kesempatan itu, Paus Fransiskus berbicara tentang โ€œkekacauanโ€ dalam kehidupan dan mengingatkan bahwa Tuhan selalu membawa sesuatu yang baik dari kekacauan, mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih teratur, seperti kosmos.

Sejak kedatangannya pada hari Rabu, Fransiskus telah mengadakan beberapa pertemuan, termasuk pertemuan pribadi di nunsiatur Lisbon dengan 13 korban pelecehan seksual oleh rohaniwan dalam Gereja Portugal.

Kantor pers Vatikan mengatakan bahwa pertemuan tersebut berlangsung โ€œdalam suasana pendengaran yang intens dan berlangsung lebih dari satu jamโ€.

Ketika berdoa Vespers dengan rohaniwan dan umat Katolik Portugal di Biara Jeronimos pada malam hari, Paus mengatakan bahwa Gereja telah โ€œdiguncang oleh perubahan sosial dan budaya dan semakin ditandai oleh sekularisme, ketidakpedulian terhadap Tuhan, dan semakin menjauh dari praktik imanโ€ dan hal ini diperparah oleh pelecehan dan kegagalan kepemimpinan.

Skandal-skandal semacam itu โ€œmenyuarakan panggilan kepada kita untuk membersihkan diri dengan rendah hati dan terus-menerus, dimulai dari jeritan dukacita para korban, yang harus selalu diterima dan didengar,โ€ katanya.

Dia mendorong mereka untuk tidak putus asa karena proses ini, tetapi untuk merangkul โ€œsemangat apostolikโ€.

โ€œIni bukan waktu untuk berhenti dan menyerah, untuk menarik perahu ke pantai atau memandang ke belakang,โ€ kata Fransiskus.

โ€œKita tidak boleh melarikan diri dari kenyataan saat ini karena takut, atau berlindung dalam bentuk-bentuk dan praktik-praktik masa lalu. Sekarang adalah waktu rahmat yang diberikan oleh Tuhan untuk berlayar dengan penuh semangat ke lautan pewartaan dan misi.โ€

Demikianlah, Paus Fransiskus berbicara dengan semangat untuk mendorong para pemuda untuk berperan aktif dalam mencari solusi atas tantangan global, mengutip ajaran-ajarannya mengenai ekologi integral, tanggung jawab lingkungan, dan pentingnya pengabdian untuk kaum miskin. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts