Home » Polisi Pariwisata Polda Sumut Aktif Jaga Keamanan Destinasi Super Prioritas Danau Toba

Polisi Pariwisata Polda Sumut Aktif Jaga Keamanan Destinasi Super Prioritas Danau Toba

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Polisi Pariwisata Polda Sumatera Utara memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah dalam menjadikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Komitmen ini ditegaskan oleh Kompol Oloan Siahaan, S.I.K., M.H., Kasubdit Wisata Ditpamovit Polda Sumut, yang juga menyatakan keterlibatan aktif para personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan tersebut.

Dalam upaya menjalankan tugas mereka, personel Polisi Pariwisata Polda Sumut melakukan apel pagi secara rutin untuk memeriksa perlengkapan dan mendapatkan arahan dari pimpinan. Dukungan dari Bus Command dan Monitoring Pam Wisata telah memberikan kemudahan kepada para personel dalam menjaga situasi di lokasi destinasi prioritas ini.

“Kami memastikan pelaksanaan tugas yang lancar melalui persiapan perlengkapan, administrasi, serta sarana dan prasarana yang memadai,” ungkap Kompol Oloan, Rabu (30/8/2023).

Salah satu tugas utama mereka adalah melakukan patroli di berbagai lokasi wisata di Danau Toba dengan menggunakan Bus Command dan Monitoring Pam Wisata.

Bus tersebut dilengkapi dengan 2 CCTV dan 7 Kamera portabel yang mampu memantau dalam radius hingga 3 km. Personel Polisi Pariwisata dapat melakukan patroli sambil mengawasi situasi menggunakan bantuan sepeda listrik dan Sigway.

Kompol Oloan menambahkan, “Dari dalam bus, operator dapat dengan mudah memantau situasi di sekitar objek wisata dan berkoordinasi dengan personel yang sedang melakukan patroli jika terdeteksi hal-hal yang mencurigakan.”

Selain kewajiban tersebut, personel Polisi Pariwisata Polda Sumut juga memiliki kemampuan bahasa Inggris dan public speaking untuk memberikan pelayanan optimal kepada wisatawan asing. Mereka juga secara aktif menghimbau masyarakat setempat agar ikut berperan dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan di objek wisata.

“Jika ada aktivitas mencurigakan dari masyarakat, kami mendorong untuk melaporkannya kepada kami. Kami akan segera menindaklanjuti dengan memberikan himbauan terkait keamanan dan ketertiban,” ujar Kompol Oloan.

Sebagai bentuk penghargaan dan dukungan terhadap upaya Polisi Pariwisata dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kawasan Danau Toba, Kompol Oloan Siahaan mengajak masyarakat untuk turut serta berpartisipasi.

“Kami mengundang masyarakat sekitar Danau Toba untuk menjadi mitra kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan ini. Jika menemukan aktivitas yang mencurigakan atau mengganggu, laporkan kepada kami. Kami siap untuk merespons dengan cepat guna memastikan situasi tetap aman dan kondusif,” pesannya.

Tidak hanya itu, Kompol Oloan juga mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. “Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan Danau Toba. Hal ini tak hanya penting bagi kenyamanan kita sebagai masyarakat lokal, tapi juga untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para wisatawan yang datang,” tutup Kompol Oloan.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts