Home » Ekspedisi Maritim NKRI: Mengungkap Sejarah Maritim dan Potensi Kemaritiman

Ekspedisi Maritim NKRI: Mengungkap Sejarah Maritim dan Potensi Kemaritiman

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS, secara resmi meluncurkan Peserta Ekspedisi Maritim Tahun 2023 yang akan menjelajahi Route Putih, di Satrol Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak, pada Senin (4/9/2023).

Kegiatan ini menandai upaya TNI untuk memperkuat pertahanan laut, meningkatkan kesadaran maritim, dan menggali potensi-potensi kemaritiman Indonesia.

Ekspedisi Maritim ini bukan hanya operasi kemanusiaan, tetapi juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempersiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini.

Ini melibatkan seluruh komponen bangsa, wilayah, dan sumber daya nasional untuk menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Selain menjalankan tugas pertahanan, Ekspedisi Maritim 2023 memiliki tujuan lain yang sangat penting, yaitu mengungkap sejarah kejayaan maritim Nusantara. Ini akan membantu generasi muda Indonesia untuk memiliki perspektif baru tentang laut dan memahami potensi maritim yang dimilikinya.

Dalam sambutannya, Danlantamal XII mengungkapkan bahwa tim ekspedisi akan berusaha menggali kembali sejarah maritim setempat dan melakukan penelitian potensi maritim serta sumber daya maritim di daerah tersebut.

Hal ini merupakan bagian dari program kerja TNI AL untuk memperkuat wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) dan menggali sejarah kejayaan TNI AL di masa lalu.

“Kami berharap Ekspedisi Maritim ini akan membawa manfaat besar bagi NKRI dan memperkuat pemahaman kita tentang pentingnya laut dalam kehidupan kita sehari-hari,” tambah Danlantamal XII.

Ekspedisi Maritim 2023 ini adalah bagian dari perayaan HUT TNI AL ke-78 dan akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 10 September 2023. Tim ekspedisi akan menjalani berbagai etape menuju IKN dengan fokus pada penelitian dan pengembangan potensi maritim Indonesia.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts