Home » Yenny Wahid Bantah Cak Imin Tegaskan Gusdur Dikudeta

Yenny Wahid Bantah Cak Imin Tegaskan Gusdur Dikudeta

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Putri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, merespons pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang membantah telah berkhianat kepada Gus Dur.

Yenny membantah dengan menegaskan bahwa Gus Dur jelas-jelas dikudeta oleh Cak Imin dalam Muktamar PKB di Ancol, Jakarta Utara, pada 2008.

“Muktamar Ancol kurang apa terang benderangnya? Di situ Gus Dur diganti, di situ Gus Dur dikudeta. Kok masih klaim menyatakan sebaliknya. Itu jelas sekali dari awal menjadi problem besar bagi kami, karena Gus Dur dilengserkan dari Ketum Dewan Syuro,” kata Yenny di kantor PBNU, Salemba, Jakarta, Selasa (5/9).

Yenny menjelaskan bahwa kudeta yang dilakukan Cak Imin pada Muktamar PKB Ancol bukan pekerjaan diam-diam di belakang layar, melainkan terjadi secara terang-terangan di hadapan publik. Karena itu, menurut Yenny, publik tidak bisa dibodohi dengan pernyataan-pernyataan yang mencoba mengecoh persepsi masyarakat perihal peristiwa itu.

“Ya ini kan terjadi bukan cuma di belakang layar, tapi Muktamar Ancol ini terjadi di depan publik. Jadi apapun terjadi di belakang layar, layar apa? Layar tancap? Jadi klaim seolah terjadi yang berbeda di belakang layar, enggak usah lihat yang di belakang layar, di depan layar saja,” tegas Yenny.

Yenny juga membantah isu bahwa dirinyalah yang justru mencoba mengkudeta Cak Imin dari PKB. Yenni menjelaskan bahwa hal itu tidak mungkin sebab saat itu dirinya  bukan siapa-siapa. Ia justru hanya bisa menyaksikan sang Ayah dikudeta oleh Cak Imin.

“Gus Dur sampai mengeluarkan surat. Jadi saya rasa bukti-bukti formal ya menunjukkan bahwa memang telah terjadi pengkudetaan terhadap Gus Dur. Cak Imin boleh saja mengklaim, tapi sampai menjelang beliau wafat, bapak memang masih berwasiat, ‘Cak Imin harus diganti’,” cetus Yenny.

Muhaimin sendiri membantah anggapan yang menyebut dirinya berkhianat terhadap Gus Dur di internal PKB. Ia menyebut isu itu sengaja dibuat setiap menjelang pemilu.

“Selalu muncul, setiap pemilu selalu dimunculkan, dibesarkan, tentu musiman lah saya bilang. Tetapi tuduhan saya berkhianat itu sama sekali tidak beralasan,” ucap Cak Imin saat wawancara dengan Najwa Shihab, Senin (4/9) malam.

Cak Imin tak memungkiri, ada pihak yang menarasikan bahwa dirinya penyebab lengsernya Gus Dur dari PKB. Namun, Cak Imin justru mengungkapkan narasi tandingan bahwa justru dirinyalah yang akan dikudeta dari jabatan sebagai Ketua Umum PKB.

“Bahkan ada yang bilang saya kudeta, yang benar adalah justru saya dikudeta, dikudeta oleh orang-orang yang kemudian Gus Dur memberhentikan saya,” pungkas Cak Imin.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts