Home ยป AHY dan Ridwan Kamil Dicoret dari Opsi Bacapres Ganjar

AHY dan Ridwan Kamil Dicoret dari Opsi Bacapres Ganjar

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Nama AHY kini telah dicoret dari calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo. Selain nama AHY, nama Ridwan Kamil juga telah dicoret.

Alasanya jelas kata Puan Maharani. Untuk AHY, bergabungnya Partai Demokrat ke kubu Prabowo Subianto di Koalisi Indonesia Maju (KIM) membuat kemungkinan AHY mendampingi Ganjar kini pupus.

PDIP akhirnya menyeleksi ulang kandidat-kandidat yang telah terkumpul untuk menjadi wakil dari Ganjar di Pilpres 2024. Padahal, Puan sempat menyebut AHY masuk ke dalma bursa cawapres Ganjar yang diusung oleh PDIP tersebut.

โ€œTadinya kan memang muncul namanya Mas AHY, namun karena Demokrat sudah memutuskan untuk pindah atau menentukan dengan mas Prabowo ya tentu saja sepertinya tidak mungkin,โ€ tutur Puan Maharani, Senin 18 September 2023.

Sementara itu, PDIP lewat Puan Maharani juga mencoret sosok mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dari kandidat wakil Ganjar di Pilpres 2024.

Alasannya kurang lebih sama. Menurut Puan, merapatnya Partai Golkar ke kubu Prabowo membuat mantan Gubernur Jawa Barat tersebut dicoret dari bursa cawapres Ganjar.

โ€œPak RK juga Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo dan Pak RK merupakan kader Golkar. Sehingga tidak mungkin bila Golkar berada di Kubu Prabowo, sementara RK yang merupakan kader Golkar menjadi Cawapres Ganjar,โ€ jelas Puan.

Kini, Puan Maharani menyebut tersisa empat nama yang akan mengisi posisi wakil dari Ganjar pada Pilpres 2024.

Empat nama tersebut ialah Menkopolhukam Mahfud MD, eks Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menparekrag Sandiaga Uno.

Yang menarik adalah masuknya nama Erick Thohir dalam kuota itu. Pasalnya selama ini nama itu diusung oleh PAN yang notabenenya adalah partai di koalisi Prabowo, tetap masuk ke dalam bursa cawapres dari Ganjar menurut PDIP.

Sementara itu, dari antara keempat nama tersebut, Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menyebut bahwa Mahfud MD adalah sosok kuat untuk mendampingi Ganjar di Pilpres 2024 mendatang.

Faktor kompetensi, integritas, serta elektabilitas Mahfud MD menurut Adi membuat Menkopolhukam tersebut dapat menjadi sosok kuat mendampingi Ganjar di Pilpres 2024.

โ€œMahfud MD saya kira memiliki elektabilitas, popularitas, kompetensi, integritas yang di atas rata-rata dinilai kuat di Jawa Timur dan mewakili kelompok NU ya garis Gusdurian tentu saja,โ€ ujar Adi.

Namun demikian, Adi menyebut satu kelemahan Mahfud MD di antara nama-nama kandidat cawapres Ganjar lain, yakni tak memiliki partai politik.

โ€œItu bisa menjadi kelemahan dari Mahfud,โ€ pungkas Adi.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts