Home ยป Kaesang Pangarep Resmi Masuk PSI, Begini Respon Jokowi

Kaesang Pangarep Resmi Masuk PSI, Begini Respon Jokowi

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang juga telah menerima friendship card atau kartu tanda anggota (KTA) PSI.

Dalam friendship card yang dicetak versi besar itu terdapat logo PSI, nama Kaesang Pangarep, dan nomor anggota S317420230151515.

Dalam penyerahan KTA yang digelar di kediaman Kaesang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo itu, Kaesang didampingi sang istri,ย Erinaย Gudono.

Sementara perwakilan PSI yang hadir meliputi Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovani, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekwan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Ketua Umum Giring Ganesha, dan Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka.

Terkait itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan.

Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada Kaesang. Sebab, kata dia, Kaesang sudah dewasa dan harus bisa memutuskan sendiri masa depannya serta bertanggung jawab atas keputusannya sendiri.

โ€œYa kan saya sudah sering menyampaikan. Anak-anak itu kalau sudah berkeluarga itu sudah punya rumah sendiri, sudah punya istri ya sudah harus mandiri dan harus tanggung jawab. Artinya apa yang diputuskan sudah menjadi tanggung jawab dia,โ€ kata Jokowi usai groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Perihal apakah Kaesang sudah berdiskusi terlebih dahulu dengannya, Jokowi hanya mengatakan bahwa meminta doa restu sudah biasa dilakukan dalam keluarganya.

Meskipun demikian, ia mengaku tak bisa menghalangi keinginan Kaesang untuk bergabung dalam partai politik.

โ€œYa, biasa di dalam keluarga minta doa restu. Karena saya bilang tidak pun juga tetep akan jalan. Anak-anak saya seperti itu,โ€ ujar Jokowi.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sendiri sebelumnya telah memastikan bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep akan bergabung sebagai anggota baru jelang Pemilu 2024.

โ€œSudah dibuka dengan suara dan video (beredar di media sosial). Sebetulnya ini pembicaraan panjang antara jajaran DPP PSI dengan Mas Kaesang,โ€ kata Ketua DPD PSI Kota Solo Antonius Yogo Prabowo di Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/9/2023).

Terkait bergabungnya Kaesang ke partai tersebut, menurutnya merupakan kebanggaan bagi PSI.

โ€œMas Kaesang jadi sosok yang membanggakan bagi kami, anak-anak muda dari partai ingusan, partai anak-anak, bocil. Ini proses panjang,โ€ ujar dia.

Terpisah, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, hubungan persahabatan antara PSI dan Kaesang sudah terjalin cukup lama.


โ€œKami mengapresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI. Hari ini sebuah kegembiraan bagi kami semua, bisa menyambut anggota baru kami, Mas Kaesang,โ€ kata Grace di lokasi, Sabtu (23/9).

Kaesang diketahui mendaftar ke PSI sekitar sepekan lalu. Namun, penyerahkan KTA baru dilakukan hari ini, usai PSI mengunggah video sosok pria yang disebut Mawar.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts