Home ยป Pertunjukan Meriah di HUT ke-78 TNI

Pertunjukan Meriah di HUT ke-78 TNI

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis, 5 Oktober 2023.

Semarak HUT TNI ke-78 mempertontonkan aksi terjun payung hingga konvoi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Aksi 78 penerjun payung dari personel TNI-Polri menjadi awal pertunjukan. Sebanyak tujuh penerjun merupakan anggota TNI-Polri wanita.

Aksi penerjun payung ini mengundang tepuk tangan warga yang memang dibolehkan menyaksikan perayaan HUT ke-78 TNI. Para personel mendarat di depan podium, tempat Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi duduk.

Kemeriahan HUT ke-78 TNI tak berhenti di sini. Warga hingga Jokowi dibuat terkesima dengan aksi aerobatik pesawat tempur dan helikopter TNI tiga matra, AD, AL, dan AU.

Aksi aerobatik dibagi menjadi sejumlah sesi. Beberapa pesawat tempur dan helikopter yang melintas dari sisi timur ke barat langit Ibu Kota menjadi aksi aerobatik pertama.

Aksi aerobatik kedua dimeriahkan oleh beberapa pesawat tempur dan empat helikopter yang berkali-kali melintas di langit Jakarta sembari mengeluarkan asap berwarna-warni.

Diiringi musik dangdut, keempat helikopter itu seperti bergoyang sambil mengitari Tugu Monas. Tepuk tangan meriah dari warga menutup pertunjukan udara tersebut.

Selanjutnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengerahkan ratusan kendaraan dalam defile (parade) alutsista. Melintas paling depan adalah 23 motor pengawalan dan sembilan mobil pengawalan dari satuan polisi militer (PM).

Menyusul di belakangnya ada sembilan unit Maung, kendaraan pengangkut personel TNI. Defile alutsista juga dimeriahkan kehadiran dua unit kapal rigit hull inflatable boat (RHIB). Dua kapal ini diderek oleh kendaraan taktis.

Kemudian, ada juga sejumlah rudal yang diletakkan di atas kendaraan taksi. Sebagian rudal didatangkan dari luar negeri.

Melintas dengan gagah dalam defile itu, tiga unit Panser Anoa 6ร—6, kendaraan berlapis baja. Meriam Caesar yang diangkut menggunakan kendaraan taktis, juga ikut memeriahkan

Menyusul di belakangnya, tiga unit tank marder dipamerkan di hadapan Jokowi. Lalu ada enam tank leopard dipamerkan dalam rangkaian defile alutsista.

Usai defile alutsista TNI AD, kini TNI AL memamerkan alutsistanya. Sejumlah rudal Yakhont yang diangkut kendaraan berat melintas di kawasan Monas. Torpedo MK-44 dan Torpedo MK-46 membuntuti rudal Yakhont.

Defile ini kemudian berlanjut keluar kawasan Monas untuk konvoi. Rute konvoi, yakni Monas-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan MH Thamrin-Bundaran HI dan kembali ke Monas.

Rangkaian pertunjukan ini dilakukan usai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10).

Upacara dimulai sekitar pukul 07.24 WIB dengan peniupan terompet dan dilanjutkan dengan acara inti upacaraย  HUT TNI yang berlangsung pada 08.00 WIB hingga 08.36 WIB

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts