Home » Prabowo Resmi Gandeng Gibran Bertarung di Pilpres 2024

Prabowo Resmi Gandeng Gibran Bertarung di Pilpres 2024

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Pengumuman ini dilakukan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10) malam.

Padahal, sebelumnya Prabowo sempat menyatakan pengumuman cawapres dilakukan pada Senin (23/10/2023) besok.

Terkait keputusan tersebut, Prabowo mengatakan kedelapan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah berembug secara final, secara konsensus dan seluruhnya sepakat mengusung Prabowo subianto sebagai calon presiden (capres) dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari KIM periode 2024-2029.

“Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus dan kami siap maju untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya, Minggu (22/10).

Langkah selanjutnya ialah pendaftaran paslon bacapres dan bacawapres usungan Koalisi Indonesia Maju tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Prabowo mengatakan, ia dan Gibran akan mendaftarkan pencalonannya pada Rabu (25/10/2023) mendatang.

“Demikian yang bisa saya sampaikan untuk masyarakat umum,” katanya.

Pasangan ini menjadi satu-satunya yang belum mendaftar ke KPU. Dua bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftarkan diri mereka lebih dahulu pada hari pertama pendaftaran.

Adapun saat mengumumkan cawapresnya, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Gibran sendiri yang namanya dideklarasikan sebagai bacawapres Prabowo pada malam ini tidak terlihat ada di lokasi. Prabowo mengklarifikasi ketidakhadiran Gibran mengatakan bahwa yang hadir malam ini khusus para ketua partai saja.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts