Home ยป Harita Nickel Raih Empat Penghargaan Bergengsi di Indonesian CSR Awards 2023

Harita Nickel Raih Empat Penghargaan Bergengsi di Indonesian CSR Awards 2023

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau yang lebih dikenal sebagai Harita Nickel, perusahaan terkemuka dalam industri pertambangan dan pemrosesan nikel berkelanjutan, meraih prestasi luar biasa dengan memenangkan empat penghargaan bergengsi dalam Indonesian CSR Awards & Indonesian SDGs Awards 2023. Acara pemberian penghargaan ini diselenggarakan di The Westin Hotel, Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Senin (4/12/2023).

Penghargaan ini diberikan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) sebagai pengakuan atas komitmen Harita Nickel dalam mendorong pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang efektif.

Dalam acara tersebut, Harita Nickel meraih Platinum Award untuk program unggulan mereka, Gemar Papeda. Program ini difokuskan pada kemandirian dan penguatan kapasitas pelaku usaha desa dengan melibatkan 65 pemasok lokal di Pulau Obi, khususnya dalam pasokan kebutuhan pangan dan kantin karyawan.

Harita Nickel juga mendapatkan Gold Award melalui program Kawasi Unikk, sebuah Unit Kewirausahaan Komunitas yang membina Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kelompok perempuan. Program ini melibatkan 31 anggota dan berfokus pada pengembangan berbagai bidang usaha, termasuk produksi camilan, minimarket, kafe, serta pengolahan tempe dan tahu.

Dua individu yang berkontribusi signifikan dalam pemberdayaan masyarakat juga mendapat penghargaan. Suryani Jamardin, Koordinator UMKM Obi Jaya Mandiri, dinobatkan sebagai Terbaik 1 Local Hero on Social Responsibility, sementara Margarita Luwudara, Community Relations Supervisor Harita Nickel, meraih penghargaan Terbaik 2 Supervisor on Social Responsibility dalam pemberdayaan ekonomi lokal.

Ir. Thendri Supriatno, MBA, Ketua Umum CFCD, dan Emman Sugianto, Dewan Pendiri CFCD, secara langsung menyerahkan penghargaan kepada Latif Supriadi, Head of Community Affairs Harita Nickel, serta para penerima penghargaan lainnya.

Program Gemar Papeda dan Kawasi Unikk tidak hanya mendapat apresiasi untuk kontribusinya terhadap masyarakat lokal, tetapi juga mencerminkan komitmen Harita Nickel dalam melaksanakan prinsip-prinsip CSR sesuai dengan ISO 26000:2013.

Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, Ketua Komite Penilai, menjelaskan bahwa tujuan Indonesian CSR Awards & Indonesian SDGs Awards adalah untuk mendorong integrasi pelaksanaan CSR yang sesuai dengan standar internasional.

Dalam sambutannya, Latif Supriadi mengungkapkan apresiasinya atas penghargaan tersebut dan menyatakan, โ€œPenghargaan ini akan menjadi motivasi bagi Harita Nickel untuk terus meningkatkan sinergi dengan masyarakat, mengembangkan potensi desa, dan memberikan dampak ekonomi yang positif.โ€

Ir. Thendri Supriatno, MBA, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan yang berperan aktif dalam tanggung jawab sosial dan pembangunan berkelanjutan.

โ€œPeran kontribusi perusahaan seperti PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau Harita Nickel ini sangat luar biasa, menjadi perusahaan yang tidak hanya mengeksploitasi sumber daya alam tetapi juga memberikan nilai tambah untuk masyarakat,โ€ ujar Thendri.

Indonesian CSR Awards diadakan setiap tiga tahun sekali sejak tahun 2005, sementara Indonesian SDGs Awards diselenggarakan setiap tahun. Dengan tema โ€œOne World One Responsibility Toward Sustainable Business Leadership (ESG & CSV) in Excellence,โ€ acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai kementerian dan lembaga, serta perwakilan ISO 26000 SGN-Austria secara online. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts