Home ยป Langkah Cepat Bupati Manggarai dalam Mengatasi Aspirasi Guru Honorer

Langkah Cepat Bupati Manggarai dalam Mengatasi Aspirasi Guru Honorer

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Bupati Manggarai dengan cepat merespon tuntutan ratusan guru honorer berstatus โ€˜Pโ€™ yang datang ke kantor Bupati pada 14 Januari 2023.

Dalam Konferensi Pers yang digelar di Dinas PPO Manggarai pada Jumat, (2/2/2024), Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai, Fansi Jahang, menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil pemerintah daerah terkait permohonan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menurut Fansi Jahang, Bupati Manggarai telah mengirim surat resmi ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mengajukan permohonan pengangkatan PPPK bagi guru honorer yang memenuhi nilai ambang batas pada tes CAT yang dilakukan sebelumnya.

Jahang menegaskan bahwa keputusan pengangkatan PPPK menjadi kewenangan pusat, dan pemerintah daerah hanya dapat mengusulkan sesuai dengan kebutuhan.

โ€œKita sudah membuat surat yang akan kita kawal terus, meskipun keputusan ada di pemerintah pusat. Ini sedang didiskusikan di tingkat pusat, dan kita berharap aspirasi ini akan dipertimbangkan oleh Kemenpan RB,โ€ ungkap Jahang.

Lebih lanjut, Fansi Jahang menyampaikan prinsip bahwa upaya teman-teman guru honorer berstatus โ€˜Pโ€™ merupakan langkah baik untuk memperjuangkan nasib.

Pemerintah daerah, melalui dinas teknis, terus membangun komunikasi agar aspirasi tersebut diakomodasi oleh Kemenpan RB.

Sementara itu, Plt. Dinas PPO Manggarai, Wenslaus Sedan, memberikan paparan rinci mengenai kebutuhan pengadaan guru di Kabupaten Manggarai.

Berdasarkan pendataan manual, kebutuhan guru di daerah tersebut mencapai 446 orang, yang terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran.

Wenslaus Sedan menekankan bahwa pengangkatan secara masal untuk guru honorer berstatus โ€˜Pโ€™ harus sesuai dengan asas kebutuhan. Contohnya, kebutuhan guru kelas hanya mencapai 39 orang, sementara guru kelas berstatus โ€˜Pโ€™ lebih banyak.

โ€œKami telah melakukan pendataan dan mendapatkan hasil bahwa formasi yang dibutuhkan di tahun 2024 ini sebanyak 446 orang. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan itu tidak boleh melampaui formasi yang dibutuhkan,โ€ jelas Wenslaus Sedan.

Dalam kesempatan yang sama, Wenslaus Sedan memberikan arahan kepada guru honorer berstatus โ€˜Pโ€™ untuk terus menyiapkan diri dengan baik mengingat keputusan pengangkatan PPPK masih dalam tahap diskusi di tingkat pusat.

Sebagai informasi, pada 14 Januari 2023, ratusan guru honorer berstatus โ€˜Pโ€™ telah mengunjungi kantor Bupati Manggarai untuk menyampaikan tuntutan mereka.

Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut dan Anggota DPRD Manggarai Edi Rihi menerima mereka dan mendengarkan tiga poin tuntutan yang diajukan, termasuk permohonan pengangkatan tanpa tes pada seleksi PPPK guru tahun 2024.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts