Home ยป Harga Beras Naik, Tertinggi dalam Sejarah, Netizen: Oke Gas! Besok Makan Tabung Gas

Harga Beras Naik, Tertinggi dalam Sejarah, Netizen: Oke Gas! Besok Makan Tabung Gas

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Pedagang pasar dan pengamat pertanian menyebut kenaikan harga beras yang terjadi sejak empat bulan terakhir hingga menyentuh harga Rp14.000 per kilogram untuk beras medium dan Rp18.000 per kilogram untuk beras premium adalah yang โ€œtertinggi dalam sejarah.โ€

Akibat kondisi tersebut ratusan warga di berbagai daerah rela antre berjam-jam demi bisa mendapatkan beras murah yang digelar pemerintah lewat operasi pasar.

Harga beras murah dari Bulog itu dijual seharga Rp51.000 per kemasan lima kilogram atau setara dengan Rp10.200 perkilogram.

Sekjen Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), Ngadiran, mengatakan kenaikan harga beras terjadi sejak empat bulan lalu.

Semula harga beras medium Rp9.000-Rp10.000 per kilogram. Harga naik pelan-pelan hingga sekarang pada Rabu (21/02) menyentuh angka Rp13.000-Rp14.000 per kilogram.

Sedangkan beras premium, sebelumnya berada di kisaran Rp12.000-Rp14.000 per kilogram. Namun merangkak terus sampai di harga Rp17.000-Rp18.000 per kilogram.

Pengamat pertanian dari Universitas Lampung, Bustanul Arifin, memperkirakan kenaikan ini akan berlangsung hingga musim panen April 2024. Pasalnya, El Nino menyebabkan musim tanam mundur. Selain itu, produksi padi tahun 2023 turun sekitar satu juta ton.

Menanggapi isu ini capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo tampak memberi reaksi sederhana. Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, eks gubernur Jawa Tengah itu mengajukan pertanyaan retoris perihal berapa harga beras di daerah masing-masing warga.

โ€œHarga beras di tempatmu berapa?โ€ tulis Ganjar dalam unggahannya pada, Jumโ€™at (23/2).

Unggahan Ganjar sontak mendapat banyak respon. Beberapa menyindir Ganjar dengan berbalik bertanya berapa suara Ganjar di daerah-daerah. Dan beberapa lainnya membalas menyindir pendukung paslon 02.

โ€œOke gas oke gas besok makan tabung gas,โ€ tulis sebuah akun bernama @pietcintya.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts