Home ยป Mudik Gratis Jalur Laut dan Darat: Upaya TNI AL Dukung Kegiatan Mudik Lebaran 2024

Mudik Gratis Jalur Laut dan Darat: Upaya TNI AL Dukung Kegiatan Mudik Lebaran 2024

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Dalam mendukung himbauan pemerintah untuk kelancaran kegiatan mudik Lebaran tahun 2024 serta mengurangi kepadatan dan angka kecelakaan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah melepas mudik gratis melalui jalur laut dan darat. Acara pelepasan ini berlangsung pada Jumat (05/04/2024) di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Pada acara tersebut, pemberangkatan mudik bersama melalui jalur darat dan laut dilaksanakan secara serentak dari Kolinlamil, Jakarta Utara, diikuti oleh seluruh kotama/satker wilayah Jakarta.

Di jalur laut, KRI Banda Aceh-593 berlayar menuju Semarang dan Surabaya membawa masyarakat umum, terutama bagi pengguna kendaraan roda dua.

Total pemudik yang telah mendaftar mencapai 1019 orang dengan kendaraan roda dua sebanyak 273 unit. Dari jumlah tersebut, 593 orang dengan 180 kendaraan menuju Semarang, sedangkan 426 orang dengan 93 unit kendaraan menuju Surabaya.

โ€œKhusus masyarakat yang menggunakan jalur laut dengan membawa motornya masing-masing, akan lebih nyaman karena kendaraannya disimpan dan bisa beristirahat. Tentunya ini juga akan lebih aman dibandingkan membawa kendaraan roda dua di jalan raya,โ€ ungkap Kasal.

Sementara itu, di jalur darat, sebanyak 120 Bus diberangkatkan hasil kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan mitra Bank, seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Woori Saudara, Bank Jawa Barat (BJB), Bank Artha Graha, dan Kementerian Perhubungan.

Jalur darat ini diperuntukkan bagi keluarga prajurit yang merayakan Lebaran di sejumlah daerah di wilayah Pulau Jawa.

Sebelum melepas para pemudik, Kasal menyempatkan waktu untuk melaksanakan peninjauan ke KRI Banda Aceh-593, dan menyampaikan pesan agar para penumpang tetap menjaga kesehatan, berhati-hati, serta tidak lupa untuk senantiasa memanjatkan doa.

Kasal menambahkan bahwa seluruh pemudik, baik melalui jalur laut maupun darat, akan merasa aman selama perjalanan. Semua kebutuhan untuk berbuka puasa dan sahur sudah disiapkan oleh Baznas, TNI AL, dan instansi terkait.

โ€œDalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, mohon maaf lahir dan batin. Semoga pada Lebaran tahun ini, seluruh masyarakat diberikan kesehatan serta kesuksesan, dan dapat kembali lagi tanpa kendala,โ€ tutur Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam kesempatan itu.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts