Home » TNI AU Sukses Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina, Bukti Kemampuan Diplomasi di Kancah Internasional

TNI AU Sukses Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina, Bukti Kemampuan Diplomasi di Kancah Internasional

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

Upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, pada Senin (22/4/2024).

Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada TNI AU serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AU.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-78 kepada TNI AU, saya juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI AU atas profesionalitas, dedikasi, dan militansi dalam setiap pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Panglima TNI juga menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya terhadap capaian TNI AU dalam misi bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan salah satu bukti kemampuan diplomasi kemanusiaan TNI di kancah internasional.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI menekankan beberapa hal kepada seluruh anggota TNI AU. Pertama, pentingnya bekerja dengan niat ibadah yang loyal, tulus, dan ikhlas.

Kedua, pentingnya mewujudkan TNI yang PRIMA dan TNI AU yang AMPUH (Adaptip, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis).

Ketiga, pentingnya mempertahankan tingkat kesiapan operasi dengan tetap mengedepankan budaya safety dalam pemeliharaan seluruh Alutsista (alat utama sistem persenjataan).

Keempat, Panglima TNI mendorong anggota TNI AU untuk melakukan terobosan-terobosan inovatif dan kreatif yang sesuai dengan marwah TNI Angkatan Udara yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kelima, ia mengajak untuk memupuk dan memperteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serta Kementerian atau Lembaga lainnya dengan berbasis pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

Upacara tersebut dihadiri oleh para pejabat militer dan sipil serta diwarnai dengan berbagai atraksi dari TNI AU sebagai bentuk perayaan dalam momen spesial ini.

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI AU ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan peran dan kontribusi TNI AU dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara serta dalam membangun hubungan baik dengan negara-negara lain melalui misi-misi kemanusiaan dan diplomasi.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts