Home ยป Hoax! Irak Tunjuk Wanita Kristen Jadi Perdana Menteri

Hoax! Irak Tunjuk Wanita Kristen Jadi Perdana Menteri

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ kabar ditunjuknya seorang pejabat perempuan Kristen Irak, Evan Faiq Jabro, menjadi Perdana Menteri di negara itu ramai dibicarakan hari-hari ini.

Hal itu bermula dari beredarnya sebuah video dengan keterangan โ€œMasyarakat Irak sah resmi memilih Evan Faiq pertama hang beragama Kristen yang menjabat sebagai perdana menteri Irak?โ€

Setelah ditelusuri, informasi tersebut dapat dipastikan bohong (hoax). Pasalnya, jabatan Perdana Menteri Irak saat ini masih diduduki oleh seorang politisi terkemuka Irak, Muhammad Shiaโ€™ al-Sudani yang menjabat sejak 7 Oktober 2022 lalu.

Lantas siapa Eva Faiq Jabro yang diisukan menjadi Perdana Menteri Irak ini?

Evan Faiq Jabro diketahui merupakan Menteri Migrasi Itak asal Kaldera. Evan lahir di Basra pada tahun 1981 dan bergelar Sarjana Mikrobiologi dari Fakultas Sains Universitas Basra.

Evan juga merupakan perwakilan wanita Kristen di Leadership Womenโ€™s Forum di Basra dan telah diangkat menjadi Sekjen Forum Wanita Minoritas di Irak.

Ia diangkat menjadi Menteri Imigrasi dan Pengungsian padaย 6ย Juniย 2020.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts