Home ยป Keunggulan Tak Terduga: Rudy Mas’ud-Seno Aji Berpotensi Geser Petahana di Kaltim

Keunggulan Tak Terduga: Rudy Mas’ud-Seno Aji Berpotensi Geser Petahana di Kaltim

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Warna Research Center (WRC) menunjukkan perubahan signifikan dalam preferensi politik masyarakat Kalimantan Timur menjelang Pilkada 2024.

Survei ini mengungkapkan bahwa pasangan calon kepala daerah Rudy Masโ€™ud-Seno Aji, yang didukung oleh tujuh partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, berpotensi mengalahkan pasangan petahana, Isran Noor-Hadi Mulyadi.

Survei yang melibatkan 1.600 responden di tujuh kabupaten dan tiga kota di Kalimantan Timur ini dilakukan pada 20-28 Agustus 2024.

Responden diberi dua jenis pertanyaan: spontanitas terbuka dan tertutup. Dalam pertanyaan spontanitas terbuka, di mana responden diminta memilih pasangan calon kepala daerah jika pilkada digelar hari ini tanpa pilihan yang disodorkan, pasangan Rudy Masโ€™ud-Seno Aji meraih dukungan sebesar 36,2%.

Sementara itu, pasangan petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi hanya memperoleh 30,4% dukungan, dengan 33,4% responden belum menentukan pilihan.

Dalam pertanyaan tertutup, di mana responden disodorkan kedua nama pasangan calon, hasilnya menunjukkan keunggulan yang lebih besar bagi pasangan Rudy Masโ€™ud-Seno Aji, dengan tingkat keterpilihan mencapai 52,7%.

Pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi mendapatkan 42,6% suara, sementara 4,7% responden menyatakan tidak memilih.

โ€œHasil survei juga menunjukkan bahwa 69,2% responden mantap dengan pilihannya dan hanya 30,8% yang masih mungkin mengubah pilihan setelah melihat program kampanye dari kedua pasangan calon,โ€ ungkap Hilman Firmansyah, Direktur Eksekutif WRC, pada Sabtu (31/8/2024).

Tingkat partisipasi dalam Pilkada 2024 di Kalimantan Timur juga diprediksi cukup tinggi, dengan 77,8% responden menyatakan akan menggunakan hak pilih mereka, sementara 22,2% lainnya belum yakin.Survei WRC ini memiliki margin of error sebesar 2,45% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka, google form, surat elektronik, WhatsApp, dan Zoom, dengan teknik sampling Multistage Random Sampling. Demografi responden terdiri dari 52,7% laki-laki dan 47,3% perempuan, dengan rentang usia dari 17 hingga di atas 78 tahun. Mayoritas responden berada dalam rentang usia 43-58 tahun, yaitu sebanyak 38,1%.

Dengan hasil survei ini, terlihat bahwa pertarungan Pilkada Kalimantan Timur 2024 akan berlangsung ketat, dan pasangan Rudy Masโ€™ud-Seno Aji berada di posisi unggul saat ini. Namun, perubahan preferensi pemilih masih mungkin terjadi seiring dengan berjalannya kampanye.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts