Home ยป Pasukan Bayaran Wagner Meninggalkan Rusia: Ancaman Pemberontakan dan Keputusan Prigozhin

Pasukan Bayaran Wagner Meninggalkan Rusia: Ancaman Pemberontakan dan Keputusan Prigozhin

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Melansir The Guardian Kepala pasukan tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin akan meninggalkan Rusia dan tidak akan menghadapi dakwaan setelah menarik kembali pasukannya ke Moskow, karena laporan yang muncul bahwa agen mata-mata AS telah mengambil tanda-tanda beberapa hari yang lalu bahwa dia bersiap untuk bangkit melawan pembentukan pertahanan Rusia.

Pada Sabtu malam, muncul video Prigozhin meninggalkan markas distrik militer selatan di kota Rusia Rostov-on-Don setelah setuju untuk pindah ke Belarusia. Keberadaan persisnya pada Minggu pagi tidak jelas. Gambar juga menunjukkan para pejuang Wagner mundur dari kota.

Perkembangan itu terjadi di tengah laporan di Washington Post dan New York Times yang mengatakan pejabat intelijen AS telah melakukan pengarahan di Gedung Putih, Pentagon dan di Capitol Hill tentang potensi kerusuhan di pihak Rusia yang bersenjata nuklir sehari penuh sebelum hal itu terungkap.

Agen mata-mata pertama mulai melacak indikasi bahwa Prigozhin dan pasukan tentara bayaran Wagnernya bermaksud bergerak melawan kepemimpinan militer Rusia pada pertengahan Juni, Terang Washington Post. Di sisi lain, New York Times mengafirmasi dengan mengatakan bahwa informasi itu solid dan mengkhawatirkan pada pertengahan minggu, yang mengarah pada pengarahan kilat.

Ketika pejabat intelijen AS menemukan informasi bahwa Prigozhin sedang mempersiapkan aksi militer, mereka semakin khawatir tentang kekacauan di negara dengan persenjataan nuklir yang kuat, Times melaporkan.

Agen mata-mata AS percaya bahwa Putin sendiri diberi tahu bahwa Prigozhin, yang pernah menjadi sekutu dekat, sedang merencanakan pemberontakannya setidaknya sehari sebelum itu terjadi, lapor Washington Post.

Dalam pemberontakan yang dimainkan dengan kecepatan yang memusingkan, pasukan Prigozhin bergerak dari kamp mereka di Ukraina ke Rusia pada hari Jumat dan mengambil alih komando militer regional di selatan kota Rostov-on-Don, sebelum maju ke arah Moskow.

Tiba-tiba, kemajuan dibatalkan pada hari Sabtu, dan media pemerintah Rusia mengatakan pasukan Wagner akan kembali ke Ukraina sementara Prigozhin akan pindah ke negara tetangga Belarusia.

Kremlin mengatakan tidak akan menuntut Prigozhin atau anggota bersenjata kelompok Wagner.

Pada Minggu pagi, semua pembatasan yang sebelumnya diberlakukan di jalan raya di Rusia dicabut, lapor kantor berita Tass, mengutip Badan Jalan Federal. Pihak berwenang di wilayah Lipetsk selatan mengumumkan pencabutan pembatasan setelah sebelumnya melaporkan pejuang Wagner di wilayah mereka.

Keputusan Prigozhin untuk menghentikan kemajuannya dan pindah ke Belarus menyusul negosiasi dengan pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko.

Di penghujung hari yang luar biasa, di mana Vladimir Putin yang tampak marah telah membuat siaran televisi darurat mencela โ€œancaman mematikan bagi negara kitaโ€, Progozhin mengatakan bahwa dia ingin menghindari pertumpahan darah Rusia dan akan memerintahkan pasukannya kembali ke basisย  mereka sebagai gantinya.

โ€œSekarang saatnya telah tiba ketika darah bisa ditumpahkan,โ€ katanya. โ€œOleh karena itu, menyadari semua tanggung jawab atas fakta bahwa darah Rusia akan tertumpah dari satu sisi, kami akan memutar konvoi kami dan pergi ke arah yang berlawanan dengan kamp lapangan kami.โ€

Kremlin sebelumnya terpaksa memobilisasi pasukannya dan mempersiapkan pertahanan saat Prigozhin mengirim konvoi pasukan bersenjata menuju Moskow.

Para pejabat menggali parit anti-tank ke jalan raya federal, mendirikan pangkalan senapan mesin di batas kota, dan mengerahkan kendaraan tempur infanteri di jalan-jalan Moskow, sementara Putin bernazar bahwa negara Rusia akan menghadapi pemberontakan bersenjata terbesar secara brutal sejak jatuhnya Uni Soviet.

Saat konvoi tentara bayaran menuju ibu kota, penduduk Moskow didesak oleh walikota untuk tinggal di rumah. Sergei Sobyanin mengatakan bahwa Senin akan menjadi โ€œhari tidak bekerjaโ€ untuk โ€œmeminimalkan risikoโ€.

Konvoi truk, kendaraan tempur infanteri, dan perangkat keras militer lainnya berharap untuk memanfaatkan elemen kejutan dan mencapai Moskow sebelum dicegat oleh detasemen pasukan reguler Rusia yang lebih besar, menurut analis dan blogger militer.

Putin yang marah muncul di televisi pada hari Sabtu sebelumnya dalam siaran darurat, mengeluarkan seruan nasional untuk persatuan dalam menghadapi serangan pemberontakan yang dia bandingkan dengan revolusi tahun 1917.

โ€œSetiap pemberontakan internal merupakan ancaman mematikan bagi negara kita, bagi kita sebagai sebuah bangsa,โ€ katanya.

โ€œIni adalah upaya untuk menumbangkan kita dari dalam. Ini adalah pengkhianatan di hadapan mereka yang berjuang di garis depan,โ€ kata Putin kepada publik Rusia. โ€œIni adalah tikaman di belakang pasukan kami dan rakyat Rusia.โ€ Responsnya, dia berjanji, akan โ€œbrutalโ€.

Di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, sebaliknya mengatakan bahwa Putin โ€œjelas sangat takutโ€ dan โ€œmungkin bersembunyiโ€.

Dalam pidato pada hari Sabtu malam Zelenskiy berkata: โ€œSaya yakin dia tidak lagi di Moskow โ€ฆ Dia tahu apa yang dia takuti karena dia sendiri yang menciptakan ancaman ini.โ€

Putin belum mengomentari kesepakatan yang ditengahi Belarusia yang merundingkan keluarnya Prigozhin dari Rusia dan penarikan pasukan Wagner dari Rostov. Dia diyakini telah meninggalkan Moskow dengan pesawat pada Sabtu sore dan keberadaannya tidak diketahui.

โ€œHari ini dunia melihat bahwa para bos Rusia tidak mengendalikan apapun. Tidak ada sama sekali. Kekacauan total. Tidak adanya prediktabilitas sama sekali. Dan itu terjadi di wilayah Rusia, yang sarat dengan senjata,โ€ kata Zelenskiy.

Pejabat Ukraina mengatakan kekacauan di Rusia menguntungkan Kyiv.

โ€œSetiap kekacauan di belakang garis musuh bekerja untuk kepentingan kita,โ€ kata kantor berita Ukrinform yang dikelola negara mengutip menteri luar negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan pada hari Sabtu.

Kuleba mengatakan masih terlalu dini untuk berbicara tentang konsekuensi bagi Ukraina, tetapi kemudian dia menelepon Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken untuk membahas peristiwa tersebut dan upaya serangan balasan Kyiv.

Militer Ukraina pada Sabtu melaporkan serangan di dekat desa-desa yang mengelilingi Bakhmut, yang direbut oleh pasukan Wagner pada Mei setelah pertempuran berbulan-bulan. Kyiv juga mengklaim pembebasan desa Krasnohorivka di Donetsk, tetapi perolehannya bertahap.

Peristiwa di Rusia memicu kekhawatiran di AS atas keamanan persenjataan nuklir Moskow.

โ€œKami belum melihat adanya perubahan dalam disposisi pasukan nuklir Rusia,โ€ kata seorang juru bicara dewan keamanan nasional menanggapi pertanyaan dari Reuters. โ€œRusia memiliki tanggung jawab khusus untuk mempertahankan komando, kendali, dan penjagaan kekuatan nuklirnya dan untuk memastikan bahwa tidak ada tindakan yang diambil yang membahayakan stabilitas strategis.โ€

Tetapi keamanan senjata-senjata ini terus menjadi kekhawatiran Washington. Badan-badan intelijen AS mengatakan dalam penilaian Ancaman Tahunan 2023 mereka bahwa โ€œkeamanan bahan nuklir Rusia โ€ฆ tetap menjadi perhatian meskipun ada perbaikan pada perlindungan, kontrol, dan penghitungan bahan di situs nuklir Rusia sejak 1990-an.โ€

โ€œIC (komunitas intelijen) akan sangat fokus pada cadangan nuklir (Rusia),โ€ kata Marc Polymeropoulos, mantan perwira senior CIA yang mengawasi operasi rahasia badan tersebut di Eropa dan Eurasia.

โ€œAnda ingin tahu siapa yang memiliki kendali atas senjata nuklir karena Anda khawatir teroris atau orang jahat seperti (pemimpin Chechnya Ramzan) Kadyrov mungkin mengejar mereka untuk mendapatkan keuntungan,โ€ kata Daniel Hoffman, mantan perwira senior CIA yang menjabat sebagai kepala stasiun Moskow. (PA)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts