Home » Filsuf Jerman Jürgen Habermas Menyatakan Dukungan untuk Israel, Menentang Kebangkitan Kembali Antisemitisme

Filsuf Jerman Jürgen Habermas Menyatakan Dukungan untuk Israel, Menentang Kebangkitan Kembali Antisemitisme

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Melansir The Algemeiner salah seorang filsuf dan ahli teori politik paling terkenal di Jerman telah mengeluarkan pernyataan yang mendukung tanggapan militer Israel terhadap kekejaman Hamas pada 7 Oktober, dan juga mengecam lonjakan antisemitisme di Jerman selama periode tersebut.

“Situasi saat ini, yang diciptakan oleh serangan kejam oleh Hamas dan tanggapan Israel terhadapnya, telah menyebabkan serangkaian pernyataan dan demonstrasi moral dan politik,” kata Jürgen Habermas dalam pernyataan yang diterbitkan pada hari Senin (13/11/2023) di situs web “Normative Orders,” yang dikhususkan untuk filsafat dan teori sosial. Selain Habermas, akademisi Nicole Deitelhoff, Rainer Forst, dan Klaus Guenther semuanya mendukung pernyataan tersebut.

“Kami percaya bahwa dengan semua pandangan bertentangan yang diungkapkan, ada beberapa prinsip yang tidak boleh dibantah. Hal ini mendasari solidaritas yang dipahami dengan baik terhadap Israel dan Yahudi di Jerman,” lanjut pernyataan itu.

Dalam pernyataan itu, Habermas mendesak Israel untuk mematuhi “prinsip proporsionalitas” dalam aksi balasannya.

Para penulis yakin bahwa pogrom Hamas dilakukan “dengan tujuan untuk menghilangkan kehidupan Yahudi secara umum.”

Selain itu, Habermas menilai bahwa meskipun ada kekhawatiran terhadap nasib penduduk Palestina, namun standar penilaiannya tidak tepat sepenuhnya ketika niat genosida dikaitkan dengan tindakan Israel.

Pernyataan itu menolak segala potensi kembali munculnya gerakan antisemit di mana pun, terutama di Jerman.

“tindakan Israel sama sekali tidak membenarkan reaksi antisemit, terutama di Jerman. Tidak dapat ditoleransi bahwa orang-orang Yahudi di Jerman sekali lagi dihadapkan pada ancaman terhadap nyawa dan anggota tubuh mereka serta harus takut akan kekerasan fisik di jalanan.”

Komitmen Jerman pascaperang untuk melestarikan kehidupan Yahudi dan keamanan keberadaan Negara Israel adalah “hal mendasar bagi kehidupan politik kita,” tegas pernyataan tersebut.

Mengomentari pernyataan tersebut, kolumnis Italia Ricardo Canaletti mengatakan bahwa “sulit untuk melebih-lebihkan kontribusi Jürgen Habermas terhadap pemikiran kontemporer.”

“Hak Israel untuk hidup, meskipun tidak semata-mata berasal dari kejahatan Nazi, dalam pemahaman tentang periode tersebut terdapat alasan legitimasi di mata orang Barat yang tidak dapat dipertanyakan,” tulis Canaletti dalam sebuah artikel pada laman berita MOW.

“Apa pun keputusan yang diambil selama tahun-tahun ini, tidak ada orang Eropa yang boleh mempertanyakan hak keberadaan negara Yahudi.”

Canaletti mencatat bahwa ketika “Habermas mengklaim bahwa Republik Federal Jerman juga didasarkan pada penghormatan terhadap integritas negara Israel, dia mengatakan sesuatu yang belum pernah kita dengar di Italia, dalam satu bulan perang.”

Ia berpendapat bahwa Italia, seperti Jerman, perlu mendasarkan keberadaannya sebagai republik demokratis pascaperang pada kesadaran akan periode fasisnya, yang melibatkan “hukum rasial, perburuan orang Yahudi, dan aliansi politik dengan Third Reich.”

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts