Home ยป Electrum, Patungan GoTo dan TBS, Bangun Pabrik Motor Listrik untuk Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Electrum, Patungan GoTo dan TBS, Bangun Pabrik Motor Listrik untuk Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Electrum, perusahaan patungan antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo, IDX: GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TBS, IDX: TOBA), mengumumkan dimulainya pembangunan pabrik motor listrik sebagai wujud komitmennya dalam mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik roda dua di Indonesia.

โ€œDengan groundbreaking ini, kami menunjukkan kesiapan Electrum dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik roda dua dalam negeri,โ€ ungkap Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir, dalam siaran pers pada Jumat (23/6/2023).

โ€œPembangunan pabrik ini adalah bukti dari komitmen kami untuk mendukung target pemerintah dalam menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang menyeluruh, mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik. Selain mendukung target pemerintah untuk memproduksi sembilan juta motor listrik pada tahun 2030, hal ini juga sejalan dengan visi Indonesia mencapai emisi nol pada tahun 2060.โ€

Groundbreaking pabrik Electrum ini menjadi langkah penting dalam mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik sebagai bagian dari transisi energi berkelanjutan di Indonesia. Electrum juga telah menjalin kerja sama dengan mitra strategis untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik.

Pabrik Electrum akan berlokasi di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dengan luas lahan tiga hektar dan memiliki kapasitas produksi hingga 250 ribu unit per line pada tahap awal. Pabrik ini akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, serta trek pengujian. Selain itu, Electrum akan menerapkan konsep green factory dengan sistem manajemen energi, sistem pengelolaan limbah, dan pengolahan air.

โ€œKami berharap pembangunan pabrik ini dapat selesai pada pertengahan tahun 2024 dan segera memulai produksi pada tahun yang sama,โ€ tambah Pandu.

โ€œElectrum akan fokus pada pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan bekerja sama dengan industri dalam negeri untuk mendukung infrastruktur pendukung lainnya, termasuk baterai dan suku cadang. Hal ini akan menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan di Indonesia.โ€

Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, menyatakan dukungan Grup GoTo terhadap Electrum.

โ€œPembangunan pabrik Electrum merupakan langkah besar dalam upaya GoTo mencapai target Nol Emisi dengan transisi armada menjadi kendaraan listrik secara penuh di tahun 2030. Sejak fase uji coba motor listrik di Jakarta, kami telah menghadirkan berbagai kemajuan serta melihat besarnya antusiasme serta sambutan positif dari mitra pengemudi dan konsumen,โ€ tutur Catherine.

โ€œPenggunaan motor listrik membantu mitra pengemudi kami mengurangi biaya operasional, dengan meniadakan biaya bahan bakar dan penggantian oli transmisi. Konsumen pun mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dari kendaraan listrik tersebut.โ€

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya Electrum telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama kendaraan listrik roda dua pada awal 2022. Melalui layanan GoRide Electric, mitra pengemudi Gojek telah menguji coba 500 unit motor listrik Electrum dengan total jarak tempuh lebih dari sembilan juta kilometer.

Dalam kesempatan tersebut, Electrum juga mengumumkan beberapa rencana kerja sama yang strategis. Mereka akan bekerjasama dengan Pertamina, melalui anak usaha Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Patra Niaga, dalam pengemasan baterai kendaraan listrik roda dua, serta mendukung produksi sel baterai dari Indonesia Battery Corporation.

Selain itu, Electrum juga melakukan kerja sama dengan GIIC, dengan penandatanganan nota kesepahaman untuk pembelian dan penggunaan motor listrik Electrum sebagai kendaraan operasional di wilayah GIIC. Planet Ban juga menjadi mitra kerja sama Electrum, dengan penempatan Battery Swap Station (BSS) dan layanan purna jual di ratusan outlet Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta.

โ€œPada masa mendatang, Electrum akan terus berkolaborasi secara strategis untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan meningkatkan jaringan layanan purna jual, baik secara mandiri maupun melalui mitra, guna memperluas akses kendaraan listrik roda dua bagi konsumen,โ€ tutup Pandu.

Acara groundbreaking pabrik Electrum turut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Bapak Heri Purnomo, Asisten Deputi bidang Industri Mineral dan Batubara Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Bapak Fadli Rahman, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina Power Indonesia, Bapak Riva Siahaan, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Bapak Harsono Budi, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga, Hongky J. Nantung, Direktur Utama GIIC, Shinji Yoneda, Wakil Direktur Utama GIIC, dan Bapak Andi Harjoko, CEO Planet Ban. (DY)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts