Home ยป BRIDS Bersama OJK dan BEI Gelar Edukasi Pasar Modal untuk Ibu-ibu di Bali

BRIDS Bersama OJK dan BEI Gelar Edukasi Pasar Modal untuk Ibu-ibu di Bali

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 mencatatkan jumlah penduduk perempuan berjumlah sebanyak 136 juta jiwa.

Di sisi pasar modal, data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Mei 2023 mengungkapkan bahwa jumlah investor pasar modal perempuan di Indonesia mencapai 4 juta, atau sekitar 37% dari total 11 juta investor.

Hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai literasi dan inklusi keuangan pada perempuan di tahun 2022 pun terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Hal itu menunjukkan bahwa potensi perempuan untuk berinvestasi di pasar modal masih sangat besar.

Melihat potensi tersebut, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), bersama dengan OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar kegiatan Sosialisasi & Edukasi Pasar Modal dengan tema โ€œSosialisasi Perempuan Bali Cerdas Berinvestasi di Pasar Modalโ€ yang dihadiri oleh 200 ibu-ibu perwakilan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK) se-provinsi Bali, dengan tujuan untuk mengedukasi perempuan Bali agar mulai menyadari pentingnya berinvestasi di pasar modal.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster, istri dari Gubernur Bali I Wayan Koster, yang turut hadir pada acara tersebut dan memberikan pesan kepada seluruh peserta bahwa perempuan perlu memahami pentingnya pengelolaan keuangan dan ikut berpartisipasi dalam meningkatkan ekonomi keluarga dengan memahami berbagai alternatif investasi, salah satunya di pasar modal Indonesia.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Bapak Horas V.M. Tahihoran, Kepala BEI Kantor Perwakilan Bali I Gusti Sujati Agus Andiyasa dan SEVP Retail & Information Technology BRIDS Fifi Virgantria.

Horas dalam paparannya menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu calon investor ketahui dalam memulai berinvestasi di pasar modal.

โ€œMemahami pengelolaan keuangan, memahami produk investasi yang cocok sesuai profil risiko dan memilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan investasinya, dan yang terpenting menghindari praktik โ€“ praktik investasi bodong dengan menerapkan legal dan logis,โ€ ungkap Horas, seperti dilansir dari siaran pers, Senin (17/7).

SEVP Retail & Information Technology BRIDS, Fifi Virgantria, dalam paparannya menjelaskan beberapa keunggulan aplikasi BRIGHTS sebagai aplikasi investasi dari BRIDS.

โ€œPembukaan akun BRIGHTS terintegrasi dengan super app BRIMO untuk menjawab pertumbuhan masyarakat terkait investasi. Melalui BRIGHTS dan BRIMO, siapa pun bisa melakukan pembukaan rekening saham secaraย full online. Dengan BRIGHTS, masyarakat khususnya perempuan bisa berinvestasi saham, obligasi dan reksa dana dalam satu platform,โ€ jelas Fifi pada pemaparannya.

Lebih jauh, kegiatan kolaborasi denganย Self-regulatory Organizationย (SRO) pasar modal Indonesia tersebut merupakan salah satu komitmen BRIDS untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan, serta meningkatkan minat investasi masyarakat Indonesia.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts