Home » Piala Dunia Wanita FIFA 2023: Jadwal, Tim Peserta, dan Pemain Bintang yang Harus Diperhatikan

Piala Dunia Wanita FIFA 2023: Jadwal, Tim Peserta, dan Pemain Bintang yang Harus Diperhatikan

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Edisi kesembilan Piala Dunia Wanita FIFA akan menjadi peristiwa besar bagi para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Dilansir dari CNN, Kamis (20/7/2023), turnamen besar ini akan dimulai di Auckland pada hari ini (20/7), dengan pertandingan pembuka antara Selandia Baru menghadapi Norwegia.

Waktu dan Lokasi

Piala Dunia Wanita kali ini akan berlangsung antara tanggal 20 Juli hingga 20 Agustus. Ada 32 tim yang akan bersaing dalam 64 pertandingan yang akan diadakan di 10 lokasi berbeda di Australia dan Selandia Baru.

Menjadi yang terbesar sepanjang sejarah, turnamen ini akan menjadi sorotan bagi para pecinta olahraga sepak bola.

Stadion-stadion di Australia yang akan digunakan adalah Brisbane, Adelaide, Perth, Melbourne, dan Sydney. Sementara itu, Selandia Baru akan menyelenggarakan pertandingan di Dunedin, Auckland, Hamilton, dan Wellington.

Acara ini akan mencapai puncaknya di Stadion Australia di Sydney, yang mampu menampung 81.500 penonton, dengan pertandingan final yang diharapkan menarik minat banyak orang.

Popularitas dan Penjualan Tiket

Tiket untuk turnamen ini terjual dengan cepat, bahkan melebihi edisi sebelumnya yang diadakan di Prancis. Lebih dari satu juta tiket telah terjual pada bulan Juni, tetapi mayoritas dibeli untuk pertandingan di Australia.

Sayangnya, penjualan tiket di Selandia Baru tidak sebanyak di Australia, mungkin karena popularitas sepak bola wanita yang lebih rendah di negara tersebut.

Bagaimana caranya untuk menonton

Bagi para penggemar sepak bola di berbagai negara, ada berbagai saluran televisi yang akan menyiarkan pertandingan ini. Di Amerika Serikat, pertandingan akan ditayangkan di FOX Sports, dengan Telemundo menyediakan liputan berbahasa Spanyol.

Di Australia, Seven Network dan Optus Sport akan menyiarkan pertandingan, sementara di Inggris, BBC dan ITV memiliki hak siar. Pastikan untuk melihat situs web FIFA untuk informasi lebih lanjut tentang pemegang hak siar di negara masing-masing.

Peserta dan Tim Favorit

Ada 32 tim yang akan bersaing dalam Piala Dunia Wanita tahun ini, delapan tim lebih banyak dibandingkan dengan dua edisi sebelumnya. Tim-tim yang ikut serta mencakup beberapa yang sudah dikenal, seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan Belanda, serta delapan tim yang membuat debut, seperti Haiti, Maroko, Panama, dan lainnya.

Menurut perusahaan data olahraga Gracenote, Amerika Serikat adalah favorit untuk memenangkan turnamen dengan peluang 18%.

Namun, edisi tahun ini dijanjikan sebagai kompetisi yang lebih ketat, dengan Swedia dan Jerman keduanya diberikan peluang 11%, Prancis 9%, dan Inggris, Spanyol, serta Australia masing-masing dengan peluang 8%.

Pemain-pemain Bintang

Turnamen ini akan melihat sejumlah pemain bintang beraksi di lapangan. Sam Kerr, penyerang Australia dan Chelsea, menjadi harapan bagi Tim Matildas dan merupakan pencetak gol terbanyak dengan 62 gol.

Selain itu, pemain veteran seperti Marta dari Brasil dan Megan Rapinoe dari USWNT akan menarik perhatian karena ini mungkin menjadi turnamen terakhir mereka.

Di sisi lain, ada juga pemain muda yang siap mencuri perhatian dalam debut Piala Dunia mereka, seperti Trinity Rodman, Sophia Smith, dan Alyssa Thompson dari Amerika Serikat.

Hadiah Uang dan Harapan Masa Depan

FIFA telah menambahkan hadiah uang untuk turnamen ini menjadi $110 juta, tiga kali lipat lebih tinggi dari angka tahun 2019. Namun, jumlah tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan hadiah uang di Piala Dunia pria di Qatar tahun lalu.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, berharap untuk meningkatkan hadiah uang di turnamen-turmenan wanita ke depannya, menyamainya dengan turnamen pria.

Piala Dunia Wanita FIFA 2023 menjanjikan kompetisi sengit dan menarik dengan peserta terbaik dari seluruh dunia. Para penggemar sepak bola akan menantikan aksi luar biasa dari pemain-pemain top dan momen-momen yang mengesankan di lapangan hijau. Dukung tim favorit Anda dan nikmati perayaan sepak bola wanita terbesar di dunia. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts