Home » Bangun Saung Baca, BRIDS Dukung Peningkatan Literasi di Indonesia

Bangun Saung Baca, BRIDS Dukung Peningkatan Literasi di Indonesia

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Data dari UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kedua dari bawah soal literasi dunia dengan minat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001%, yang artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang rajin membaca.

Sebagai upaya mendukung peningkatan literasi dan edukasi di Indonesia yang berkelanjutan, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRIDS Peduli meresmikan pembangunan saung baca untuk masyarakat yang membutuhkan di Desa Cijayanti, Bogor, Jawa Barat, yang dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi BRIDS dan pejabat setempat.

Direktur Utama BRIDS, Laksono Widodo mengungkapkan, bahwa pembangunan saung tersebut dilakukan dalam rangka HUT ke-31 Perusahaan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat, serta untuk memenuhi kebutuhan tempat belajar yang layak, nyaman dan mampu memenuhi antusias belajar sekitar 150 anak-anak penerima manfaat di Desa Cijayanti.

“Kami berharap dengan dibangunnya saung baca ini dapat meningkatkan semangat dan kenyamanan adik-adik saat belajar, dan juga dapat meningkatkan kualitas edukasi di Desa Cijayanti secara keberlanjutan, agar adik-adik dapat menggapai cita-cita yang diimpikan,” ungkap Laksono, melansir siaran pers, Senin (31/7/2023).

Pembangunan saung baca tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan komunitas literasi setempat bernama Taman Baca Masyarakat (TBM) Bale Baca Cijayanti, sebuah komunitas yang didirikan oleh sekumpulan anak muda setempat sejak tahun 2019, berfokus kepada peningkatan literasi dan pengembangan masyarakat, untuk anak-anak dan remaja usia 3-17 tahun.

Selain membangun saung baca yang layak dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar, pada peresmian ini BRIDS juga memberikan donasi berupa peralatan edukasi dan donasi buku, serta melibatkan sekitar 40 Pegawai Perusahaan untuk berinteraksi dengan anak-anak di TBM, dengan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan komunikasi, serta untuk memiliki mimpi yang tinggi.

Penanggung Jawab TBM Bale Baca Cijayanti Dwi Sulistia Ningsih menyampaikan bahwa saung baca yang baru tersebut sangat membantu dalam kegiatan belajar anak-anak, karena selama ini ruangan yang ada tidak mencukupi kapasitas anak-anak.

“Adanya Saung belajar baru yang didirikan di TBM Bale Baca Cijayanti menjadikan masyarakat Desa Cijayanti memiliki ‘kapal baru’ untuk mempersiapkan dan mengantarkan anak-anak untuk menggapai mimpinya. Terima kasih CSR BRI Danareksa Sekuritas atas perhatian dan kesungguhan terhadap pendidikan,” tambah Dwi.

Pada kegiatan tersebut, BRIDS didukung oleh Indorelawan, sebuah organisasi nirlaba berbasis online yang mempertemukan organisasi sosial dengan relawan. Dikutip dari situsnya, Indorelawan telah membantu sekitar 270 ribu relawan dan 6000 organisasi untuk melaksanakan lebih dari 8000 aktivitas.

Sepanjang tahun 2023, BRIDS telah melalukan beberapa kegiatan CSR yang berfokus untuk memberikan nilai lebih, terutama kepada masyarakat dan lingkungan.

“BRI Danareksa berkomitmen untuk mendukung peningkatan edukasi di seluruh Indonesia melalui program CSR BRIDS Peduli yang terdiri dari kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak yang berkelanjutan seperti kegiatan hari ini,” tutup Laksono.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts