Home » Mars Berputar Lebih Cepat Daripada Sebelumnya, Temuan Baru dari Misi InSight NASA

Mars Berputar Lebih Cepat Daripada Sebelumnya, Temuan Baru dari Misi InSight NASA

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Mars, planet merah yang terletak jauh di tata surya, diketahui mengalami percepatan rotasi yang mengejutkan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh pendarat InSight milik NASA. Temuan ini, seperti dilansir CNN, Selasa (15/8/2023), memberikan wawasan baru tentang perubahan yang terjadi di planet tetangga kita.

Percepatan Rotasi Mars

Para astronom telah mengamati bahwa Mars sedang berputar lebih cepat daripada sebelumnya, dengan peningkatan rotasi sekitar 4 milliarcseconds per tahun². Ini berarti durasi satu hari di Mars memendek sebesar sebagian kecil dari satu milidetik per tahun. Sehingga, satu hari di Mars kini berlangsung sekitar 40 menit lebih lama daripada satu hari di Bumi.

Penyebab Percepatan Rotasi

Para peneliti belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan perubahan ini, namun beberapa teori telah diajukan. Salah satunya adalah kemungkinan penumpukan es di kutub Mars atau kenaikan massa daratan setelah tertutup es.

Perubahan dalam massa planet dapat memengaruhi percepatan rotasinya. Walau peningkatan ini kecil, studi ini memberikan wawasan penting tentang dinamika planet.

Misi InSight

Misi InSight, yang bertujuan untuk mempelajari interior Mars, telah memberikan data berharga selama bertahun-tahun. Dilengkapi dengan alat canggih termasuk antena dan radio transponder RISE, InSight melacak rotasi planet selama 900 hari pertama misi. Meskipun misi ini awalnya direncanakan selama dua tahun, NASA memperpanjangnya selama dua tahun tambahan.

Pentingnya Teknologi

Kemajuan dalam teknologi radio, terutama Jaringan Luar Angkasa Dalam, telah memungkinkan pengumpulan data yang lebih akurat. Dengan bantuan teknologi ini, InSight dapat mengirimkan sinyal ke Bumi melalui RISE dan memantulkan sinyal kembali. Perubahan frekuensi dalam sinyal ini membantu para peneliti melacak perubahan rotasi Mars dengan presisi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mengungkap Rahasia Interior

Misi InSight, meskipun berakhir pada Desember 2022 karena panel surya yang terhalang debu, telah mengungkap rahasia interior Mars. Data yang dikumpulkan selama empat tahun misi ini telah mengubah cara ilmuwan memahami planet ini. Hasil ini memberikan wawasan baru tentang inti Mars, dengan perkiraan radius inti antara 1.112 hingga 1.150 mil.

Kesimpulan

Misi InSight NASA telah membawa penemuan signifikan tentang rotasi dan interior Mars. Perubahan rotasi yang diamati dan penemuan tentang struktur dalam planet ini memberikan gambaran yang lebih kaya tentang planet tetangga kita. Dengan data yang terus dianalisis oleh para ilmuwan, kita bisa berharap akan wawasan lebih lanjut tentang perubahan dan karakteristik unik Mars di masa depan. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts