Home ยป TNI dan Masyarakat Mantuil Banjarmasin Sinergi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

TNI dan Masyarakat Mantuil Banjarmasin Sinergi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kogabwilhan II) melanjutkan komitmen kuatnya dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI di Lanal Banjarmasin, yang berlokasi di Kawasan Wisata Pulau Bromo, Jalan Halinau RT 09, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, pada Jumat (15/9/2023).

Komsos TNI merupakan salah satu bagian penting dari metode pembinaan teritorial yang bertujuan untuk menjaga komunikasi dan silaturahmi TNI dengan seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Aspotwil Kaskogabwilhan II Laksamana Pertama TNI Apri Suryanta, S.E., M.M., CHRMP., Paban 3 Tahwil dan Taswilnas Kogabwilhan Kolonel Arm Purnomo, S.E., serta Paban I Komsos Kogabwilhan II Letkol laut (P) Puryanto.

Hadir pula Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Machli Riyadi S.H., M.H., Kasi Ter Korem 101/Antasari Letkol Inf Oo Sahrojad, dan Danramil 1007-02/BS Mayor Inf Eko Wibowo. Turut hadir juga Paspotdirga Mayor Dimas yang mewakili Danlanud Samsuddin Noor, dan Kabag Ren Kompol Amin Mulyanto yang mewakili Kapolres Banjarmasin.
Masyarakat setempat turut serta dalam kegiatan ini, termasuk Kadin Koperasi Usaha Mikro dan Naker Banjarmasin M. Isa Anshari, Direktur AMNUS (Akademi Maritim Nusantara) Banjarmasin yang diwakili oleh Noor Fathulliansyah, Camat Banjarmasin Selatan, Lurah Mantuil, Guru Pendidik, Taruna Taruni AMNUS Banjarmasin, dan Pramuka Saka Bahari Lanal Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Aspotwil Kaskogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI Apri Suryanta, S.E., M.M., CHRMP., menekankan pentingnya kegiatan Komsos TNI sebagai bukan hanya rutinitas semata, melainkan juga sebagai sarana untuk membangun komunikasi dan silaturahmi yang kuat antara TNI dan komponen masyarakat.

Hal ini akan menghasilkan sinergitas yang diperlukan untuk memperkuat kesatuan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat. TNI berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam membina karakter bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi dan kesuksesan tahapan pemilu tahun 2024.

Tema kegiatan, โ€œDengan Semangat Persatuan Bangsa, Kita Sukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional Untuk Indonesia Maju,โ€ mengingatkan semua pihak agar TNI tetap proaktif, inovatif, dan optimal dalam menghadapi berbagai kendala demi menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Semua pihak diajak untuk merapatkan barisan, menyamakan visi dan misi bersama dalam mendukung pembangunan nasional dan program-program yang dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi.

Selama acara Komsos TNI, Lanal Banjarmasin mengundang narasumber dari BNNP Kalsel yang dihadiri oleh Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Rahmadiansyah, S.Kep. Materi yang disampaikan berkaitan dengan Bahaya Narkoba Dikalangan Masyarakat dan Generasi Penerus.

Selain itu, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan juga turut berkontribusi dalam acara ini, diwakili oleh Kabid Pertanian Ibu Cendrawati yang memberikan materi tentang Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Covid-19 Untuk Menjaga Stabilitas Pangan Nasional. Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk berdialog dan tanya jawab dengan kedua narasumber tersebut.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, panitia acara juga memberikan bantuan sembako kepada warga Kelurahan Mantuil.

Kegiatan Komsos TNI di Lanal Banjarmasin ini menjadi bukti nyata komitmen TNI dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan mempererat hubungan dengan masyarakat. Melalui sinergi antara TNI dan komponen masyarakat, diharapkan Indonesia dapat terus maju dan berkembang menuju masa depan yang lebih baik. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts