Home » Israel Waspadai Perkembangan Pesat Kemampuan Teror Taktis Hamas Memanfaatkan Terowongan

Israel Waspadai Perkembangan Pesat Kemampuan Teror Taktis Hamas Memanfaatkan Terowongan

by Media Nuca

MEDIA NUCAThe Jerusalem Post baru-baru mengulas perihal terowongan Teroris (Hamas) di Gaza dan bagaimana terowongan itu terus dikembangkan hingga diklaim Israel telah memberi andil besar terhadap keberhasilan serangan Hamas ke Israel awal Bulan ini.

Menurut ulasan itu, terowongan di Gaza tersebut awalnya memiliki beberapa karakteristik dasar yang sama dengan lokasi penggalian lainnya di Israel dan tempat lain di dunia, seperti gua pemakaman, tambang, dan sistem persembunyian.

Invasi dan pembantaian di Israel pada tanggal 7 Oktober secara brutal menunjukkan bagaimana Hamas telah secara signifikan meningkatkan dan memperkuat kemampuan teror taktis dan strategisnya sejak mereka mulai menggali dan bersembunyi di Jalur Gaza beberapa dekade lalu.

Terowongan Hamas yang terkenal memainkan peran penting dalam perkembangan yang mengkhawatirkan ini. Prof Joel Roskin, ahli geomorfologi dan geologi di departemen geografi dan lingkungan Universitas Bar-Ilan, telah mengikuti perubahan di terowongan Gaza selama bertahun-tahun, menganalisis kondisi yang memungkinkan pembentukan dan perluasan terowongan tersebut dan mengungkapkan kondisi geologi dan keamanan apa yang memungkinkan terowongan tersebut berkembang dengan cepat.

Tiga tahun lalu, Roskin menerbitkan sebuah bab buku berdasarkan studinya “Perang Bawah Tanah di Jalur Gaza dan Kompleksitas Militer dalam Memeranginya.” Sebuah artikel tepat waktu tentang topik yang sama dan dengan nama yang sama saat ini sedang dalam tahap akhir penerimaan oleh jurnal akademik Studies in Conflict and Terrorism.

Artikel tersebut, berdasarkan pengalamannya sebagai kepala departemen penelitian medan di Komando Selatan pada tahun 2000-an dan informasi yang dipublikasikan di media, menjelaskan data lapangan dan kondisi geopolitik yang secara harfiah memberikan lahan subur bagi pengembangan terowongan.

Catatan yang jelas mengenai operasi pembuatan terowongan sudah ada sejak lebih dari 4.000 tahun yang lalu – Ukiran Asyur menunjukkan unit-unit teknik milik Sargon dari Akkad (yang memerintah antara 2.334 dan 2.279 SM) merobohkan tembok kota-kota musuh. Pasukan Amerika menyerang posisi Al Qaeda dan mengejar Osama bin Laden pada tahun 2002 menemukan kompleks terowongan besar yang menghubungkan formasi gua alami Tora Bora di Afghanistan.

Terowongan di Gaza awalnya memiliki beberapa karakteristik dasar yang sama dengan lokasi penggalian lainnya di Israel dan tempat lain di dunia, seperti gua pemakaman, tambang, dan sistem persembunyian. “Tetapi setiap sistem terowongan berbeda dan unik terkait dengan kondisi geologi, geografis, dan geopolitik yang ada,” jelasnya.

“Hal yang menarik tentang Hamas adalah tingkat pertumbuhan terowongan, tidak hanya dalam ukuran tetapi juga tujuannya, melengkapi pengembangan konsep operasional organisasi tersebut,” kata Roskin. “Ini dimulai dengan penyelundupan barang, berkembang menjadi penyelundupan senjata, dan kemudian berkembang menjadi terowongan penyerangan.”

“Pada tahap ini, persepsi organisasi tersebut bersifat taktis. Kemudian, mereka memfasilitasi penculikan seperti yang terjadi pada penculikan Prajurit Gilad Shalit pada tahun 2006 dan mengubah gerakan bawah tanah menjadi terowongan penyerangan dan persembunyian,” katanya.

“Fase berikutnya adalah terowongan ofensif strategis yang terungkap selama Operasi Protective Edge sembilan tahun lalu. Terowongan baru ini sejalan dengan meningkatnya selera operasional Hamas, yang para pemimpinnya melihat bahwa mereka selalu berhasil – dan bahwa Pasukan Pertahanan Israel hanya memiliki sedikit peluang untuk melakukan hal tersebut. tanggapan yang sedikit terhadap hal ini.”

Terowongan Awalnya Digunakan untuk Penyelundupan

Fase pembuatan dimulai pada tahun 1982 menyusul perjanjian damai dengan Mesir dan desakan Mesir agar perbatasan memisahkan kota Rafah antara Gaza dan Mesir. Warga menggali terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang dan terutama untuk menyatukan kembali keluarga yang terpecah di dua bagian Rafah.

Terowongan pada saat itu tidak digunakan untuk terorisme; mereka digali terutama oleh penambang lokal yang berpengalaman dalam menggali sumur. Pada tahun 1994, tren peningkatan dimulai pada jumlah terowongan penyelundupan barang dan amunisi antara Rafah di Mesir dan Rafah di Gaza, yang berada di bawah kendali Otoritas Palestina sebagai bagian dari Perjanjian Damai Oslo.

Pada tahun 2000, intensifikasi penggunaan gerakan bawah tanah dimulai setelah Intifada kedua (pemberontakan Palestina) dan mengingat persiapan IDF untuk invasi yang tidak terpenuhi ke Jalur Gaza sebagai bagian dari Operasi Perisai Pertahanan. Selama periode ini, penyelundupan senjata ilegal dan penambangan terowongan di Rafah meningkat.

Belakangan, kesadaran bahwa Israel tidak memiliki respons yang efektif menyebar ke Gaza, dan Hamas serta pemain lainnya meningkatkan dan mengembangkan aktivitas bawah tanah, termasuk ledakan di bawah posisi IDF melalui terowongan serangan. Setelah penarikan penuh militer dan sipil Israel secara sepihak dari Jalur Gaza pada tahun 2005 yang bertujuan untuk memungkinkan warga Gaza membangun masa depan baru secara mandiri, investasi dalam respons IDF terhadap tantangan terowongan menurun secara signifikan karena penilaian Israel yang keliru mengenai masa depan damai yang akan datang. warga Gaza, tulis Roskin.

“Di sisi lain, terowongan penyelundupan antara Mesir dan Gaza bertambah jumlahnya hingga mencapai ratusan, bertambah dalam ukuran, panjang dan kualitas – dan distribusi spasial yang lebih besar [serta] jalur masuk dan keluar sudah dibangun di gudang-gudang yang ditunjuk dan terlihat, dan barang-barang legal dan ilegal lewat dengan bebas.”

Mesir tidak mengambil tindakan untuk menghentikan bisnis yang menguntungkan ini dan mempersenjatai Gaza untuk melawan Israel. Beton yang dipasok Israel untuk konstruksi digunakan untuk memperkuat dinding terowongan dan bukan hanya papan kayu seperti di masa lalu. Dengan demikian, warga Palestina di Gaza dan Hamas mempersenjatai diri dan beralih ke pembuatan senjata secara mandiri dari bahan selundupan, dan menambang terowongan ofensif yang sekarang diarahkan ke Israel.

Pengambilalihan Jalur Gaza

DENGAN pengambilalihan Jalur Gaza oleh Hamas yang penuh kekerasan pada tahun 2007 dari Otoritas Palestina – dan tanpa adanya campur tangan signifikan dari Israel atau Mesir dan setelah keberhasilan penculikan Shalit – medan perang bawah tanah di Gaza meluas dan berkembang menjadi gerilya gabungan yang holistik -konsep perang teror, yang hasilnya sekarang kita saksikan: terowongan akses digali ke posisi penembakan roket balistik dan mortir tidak langsung pada tahun 2007 dan untuk menyelundupkan barang, pusat logistik dan markas komando dan kendali.

Sejak tahun 2009, sebagai bagian dari pendekatan holistiknya, Hamas beralih ke penggunaan strategis bawah tanah dan menggali sekitar 35 terowongan ofensif di bawah garis gencatan senjata (perbatasan) tahun 1949 dengan Israel, beberapa di antaranya menembus ratusan meter ke dalam negara Yahudi tersebut. Terowongan ini bukan lagi sekadar rute transit yang panjang dari satu titik ke titik lain, melainkan gua dan terowongan bawah tanah bertingkat yang rumit dengan ruangan, aula, dan gudang. Banyak lubang masuk untuk “kota” bawah tanah – terutama di bangunan tempat tinggal – berbentuk horizontal, vertikal, atau miring. Di Gaza, berkembanglah “budaya terowongan” yang mencakup kunjungan pendidikan bagi siswa pra-sekolah menengah atas, foto pernikahan, dan tur sistem terowongan bawah tanah.

Dapat diasumsikan bahwa jaringan terowongan bertingkat yang luas sepanjang puluhan dan mungkin beberapa ratus kilometer tersebar di bawah Jalur Gaza. Roskin mencatat bahwa sulit untuk memetakan jaringan terowongan secara akurat dari permukaan atau dari luar angkasa dan informasi yang sangat rahasia sangat penting untuk pemetaan 3D dan visualisasi citra.

Faktanya, penghalang bawah tanah yang mahal dan canggih yang didirikan oleh Israel di sisi garis gencatan senjata tahun 1949 beberapa tahun yang lalu memang secara signifikan mencegah teroris Palestina menyusup ke Israel melalui jalur bawah tanah – namun tidak mencegah penggunaan dan perluasan terowongan di wilayah tersebut. Mengupas. Jadi, pada tanggal 7 Oktober, penghalang yang dimaksudkan untuk mencegah masuknya teroris Hamas sebenarnya memungkinkan mereka mencapai zona perbatasan melalui terowongan bawah tanah tanpa terlihat oleh kamera pengintai IDF.

Selain penarikan sepihak Israel dari Jalur Gaza pada tahun 2005 dan kesulitannya dalam menemukan terowongan yang memungkinkan pembangunan terowongan tersebut, Roskin menunjukkan fitur geologi Gaza yang memfasilitasi penambangan. Di Jalur Gaza bagian selatan terdapat unit sedimentologi setebal satu hingga dua meter dengan berbagai tingkat kohesi, terbentuk dari akumulasi lapisan debu dan pasir yang mengeras dan menyatu seiring berjalannya waktu tetapi tidak berubah menjadi batuan.

Unit-unit ini relatif nyaman untuk ditambang dengan tangan, cukup stabil dan cenderung tidak runtuh. Hingga tahun 2000-an, terowongan biasanya digali pada kedalaman empat hingga 12 meter. Di atas kedalaman empat meter, mereka tidak stabil dan biasanya tidak ada alasan untuk berinvestasi dan menggali hingga kedalaman lebih dari 12 hingga 15 meter. Hal ini didasarkan pada pengamatan umum dan hasil penelitian geofisika secara insidental di area simulasi, karena tentara Israel tidak pernah memetakan atau mengukur terowongan secara profesional dan sistematis.

Tetapi Roskin mengatakan bahwa Hamas secara konsisten belajar dan memperbaiki diri, dan mulai menggali spesimen yang lebih dalam, lebih besar, dan lebih panjang. Pada saat yang sama, sarana pendukung, komunikasi dan listrik, serta adaptasi manusia hampir sempurna.

“Pada awalnya, ini adalah tempat yang sulit secara psikologis dan fisiologis. Selain menyembunyikan pintu masuk dan keluar, lokasi terowongan di daerah perkotaan memudahkan Hamas karena infrastruktur yang diperlukan seperti listrik, air dan komunikasi berada di dekatnya. ,” katanya. “Bahkan tanpa jaringan listrik, sistem ventilasi udara ke dalam terowongan dapat dilakukan dengan bantuan generator bawah tanah.”

Menjelaskan kemudahan penambangan dan sulitnya pendeteksian, ahli geomorfologi mencatat bahwa ada beberapa metode pendeteksian teknologi, beberapa di antaranya didasarkan pada transmisi gelombang yang sebagian dapat kembali sesuai dengan sifat tanah.

“Tetapi dalam kasus ini, pencarian dalam arti tertentu tidak ada gunanya, [karena] ruang penampang udara yang sangat kecil dibandingkan dengan media di bawah tanah, dengan lebar dan tinggi masing-masing biasanya tidak lebih dari satu atau dua meter [adalah ] cukup untuk memungkinkan pergerakan dua arah di bawah tanah, “kata Roskin. “Selain itu, untuk mengaktifkan deteksi, seseorang harus berada di tanah di atas terowongan atau di dalam tanah di tempat yang sama.”

Pendekatan lain untuk menemukan lokasi terowongan adalah dengan mengidentifikasi tanda-tanda konstruksi, pemeliharaan, dan aktivitas di permukaan seperti tumpukan tanah. “Untuk itu, diperlukan perpaduan kerja intelijen beresolusi tinggi yang mengamati perubahan kecil di medan dalam interval waktu singkat,” katanya. “Di kawasan terbangun, hal ini sangat menantang. Di dalam kota, perubahan-perubahan ini mungkin tersembunyi di dalam struktur atau ditelan oleh realitas/aktivitas sehari-hari yang intens.”

Tampaknya hingga saat ini, persepsi populer mengenai terowongan Hamas terkadang cukup sederhana, kata Roskin: terowongan tersebut diperlakukan sebagai jalur bagi para pejuang, dan merupakan infrastruktur yang mengancam. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Hamas mengintegrasikan sistem bawah tanah dengan berbagai cara ke dalam sistem pertahanan dan ofensifnya, yang dibangun dengan menggabungkan peperangan militer, perang gerilya, dan terorisme.

“Konsep gerilya holistik ini mencakup terowongan logistik, strategis dan taktis serta metode pertempuran di atas tanah. Gerakan bawah tanah diintegrasikan ke dalam semua aspek pertempuran, termasuk tembakan, pemusatan pasukan secara diam-diam dan mungkin juga untuk mengangkut tahanan dan sandera serta untuk menahan mereka. dalam kondisi pengobatan yang aman,” katanya, menyimpulkan bahwa “Kondisi ini memang merupakan tantangan untuk pengobatan ofensif penuh IDF”.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts