Home » RI Kirim 51 Ton Bantuan Logistik Tahap I ke Palestina

RI Kirim 51 Ton Bantuan Logistik Tahap I ke Palestina

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Pemerintah Indonesia mengirimkan 51 ton bantuan logistik untuk masyarakat Palestina yang menjadi korban serangan agresi militer Israel pada Sabtu (04/11/2023).

“Ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan tiga pesawat dan berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza,” jelas Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat melepas bantuan di Pangkalan TNI AU Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Bantuan tersebut akan diangkut menggunakan dua pesawat hercules milik TNI AU yang diberangkatkan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dan akan disalurkan ke Gaza melalui Mesir.

“Alhamdulilah pada pagi hari ini bantuan Indoensia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa bantuan tahap kedua sedang dalam proses persiapan dan akan segera dikirimkan ke Palestina. Bantuan kemanusiaan tersebut merupakan gabungan dari pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan.

“Ada yang dari Baznas, IHA (Indonesian Humanitarian Alliance), dari PMI, dari Kita Bisa, dan juga dari pemerintah, TNI dan Polri,” kata Jokowi.

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair al-Shun, mengaku merasa bangga terhadap rakyat Indonesia atas bantuan yang dikirimkan untuk masyarakat Gaza.

“Kami bangga dengan masyarakat Indonesia, sangat bangga dengan Yang Mulia Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan saudari kami Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi), dia bekerja dan berjuang bersama kami di bidang diplomasi,” ujar al-Shun.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts