Home ยป Paus Fransiskus Ajak Dialog di Forum Perdamaian Paris: ‘Senjata Bukan Solusi’

Paus Fransiskus Ajak Dialog di Forum Perdamaian Paris: ‘Senjata Bukan Solusi’

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Paus Fransiskus telah menyampaikan pesan pentingnya perdamaian dalam Forum Perdamaian Paris ke-6 yang berlangsung selama dua hari. Melalui pesan yang dibacakan oleh Uskup Agung Celestino Migliore, Nuncio Apostolik untuk Prancis, mengutip Vatican News, paus menyoroti urgensi dialog sebagai fondasi perdamaian.

โ€œperdamaian dibangun bukan dengan senjata, tetapi dengan mendengarkan secara sabar, dialog, dan kerjasama,โ€ ungkap Paus.

Dalam konteks ini, Paus Fransiskus mengakui peran vital forum seperti di Paris yang bertujuan memperkuat dialog lintas benua untuk membangun dunia yang lebih adil dan bersatu.

Salah satu poin fokus paus adalah penolakan terhadap segala bentuk perang, bahkan yang dianggap sah dalam pembelaan diri. Dalam pandangannya, perang selalu merupakan kekalahan bagi kemanusiaan, dengan menekankan dampak traumatis pada individu dan kerusakan lingkungan.

Paus juga menekankan hubungan erat antara pembangunan perdamaian dan hak asasi manusia. Meskipun memperingati 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, Paus mengingatkan bahwa masih ada jutaan orang yang tidak menikmati hak-hak dasar mereka.

Hak untuk hidup, kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan layak adalah elemen krusial untuk membangun perdamaian yang abadi.

Si akhir pesannya, Paus Fransiskus berharap pertukaran ide di Forum ini akan menjadi langkah positif menuju membangun budaya perdamaian dan mewujudkan persaudaraan.

โ€œSemoga mereka memungkinkan Anda mendengarkan dan bertemu dengan semua orang dalam keberagaman mereka, untuk memajukan budaya perdamaian, dan membuat kemajuan nyata menuju membangun persaudaraan,โ€ katanya.

Forum Perdamaian Paris ke-6 berfungsi sebagai panggung penting bagi pemerintah, organisasi internasional, dan kelompok masyarakat sipil untuk bersatu dalam upaya mencapai perdamaian global melalui dialog dan kolaborasi yang berkelanjutan. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts