Home » Penetapan Tersangka Mahasiswi ITB: Polda Lampung Bongkar Sindikat Joki Tes CPNS

Penetapan Tersangka Mahasiswi ITB: Polda Lampung Bongkar Sindikat Joki Tes CPNS

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Polda Lampung resmi menetapkan RDS (20), mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) dan putri seorang pejabat Pemprov Lampung, sebagai tersangka dalam kasus joki Computer Assisted Test (CAT) CPNS Kejaksaan tahun 2023.

Kabar ini disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Lampung, Kombes Donny Arief Pranoto.

Donny Arief Pranoto mengonfirmasi penetapan status tersangka RDS setelah gelar perkara yang dipimpin oleh Kabag Wasidik Ditreskrimsus pada Kamis, 30 November 2023.

“Penetapan status RDS sebagai tersangka telah disahkan. Kami akan melakukan pemeriksaan terhadapnya pekan depan,” ujarnya, seperti dilaporkan siarlampung.com pada Jumat, 1 Desember 2023.

RDS, yang masih menjadi mahasiswi ITB, ditangkap saat menjadi joki Tes SKD CPNS Kejaksaan 2023 berbasis komputer pada 13 November 2023 di Gedung Graha Achava Join, Kota Bandar Lampung.

Kejadian tersebut terungkap berkat kejelian Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung bersama panitia pengawas tes, yang menemukan perbedaan data pada server dengan data yang diperlihatkan oleh RDS.

Menurut Donny Arief Pranoto, perbedaan tersebut mencakup wajah asli RDS dengan foto yang diperlihatkan pada saat tes. Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung kemudian menyerahkan RDS ke Ditreskrimsus Polda Lampung untuk penyelidikan lebih lanjut.

RDS ternyata menjadi joki untuk dua peserta tes, yakni N warga Lampung Tengah dan D warga Palembang. Meski RDS sudah ditetapkan sebagai tersangka, Polda Lampung masih terus melakukan pengembangan kasus ini.

“Pengembangan dilakukan ke sisi pemesan atau penerimaan orderan joki tes CPNS, hingga pelaksanaannya yang terstruktur dan rapi,” tambah Donny.

Sementara RDS ditahan untuk pemeriksaan lebih lanjut, pihak kepolisian terus melakukan pengejaran terhadap rekan-rekannya yang diduga merupakan bagian dari sindikat joki tes CPNS.

Pengembangan kasus ini diharapkan dapat membongkar praktik ilegal yang terstruktur di dunia seleksi CPNS. Updates terkini akan terus diinformasikan kepada media oleh Polda Lampung.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts