Home » Nasib Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus, Dilelang?

Nasib Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus, Dilelang?

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Salah satu dari beberapa hal yang mengesankan di awal-awal kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia pada Selasa (3/9/2024) adalah mobil yang dipilih untuk ia gunakan selama kunjungan apostolik sekaligus kenegaraan selama 3 hari di Indonesia.

Pemimpin tertinggi 1,3 miliar umat Katolik dunia tersebut mendulang berbagai pujian dan decak kagum masyarakat lantaran dinilai sangat merepresentasikan semangat kesederhanaan dan konsisten dengan seruan-seruannya kepada dunia (man of his words) selama ia memimpin.

Kendaraan yang dipakai Paus Fransiskus adalah Toyota Kijang Innova Zenix. Kendaraan itu dinilai sederhana untuk ukuran orang seperti Paus Fransiskus sebagai tokoh dunia berpengaruh dan dihormati, selain juga sebagai tamu negara. Lantas kemana mobil itu sekarang?

Koordinator Acara dan Nonliturgi Perayaan Ekaristi, Muljawan Margadana, mengonfirmasi bahwa mobil tersebut tidak diperjualbelikan dan diserahkan menjadi milik kedutaan besar Vatikan Indonesia.

“Memang itu tidak boleh diperjualbelikan, tidak boleh menjadi ikon tertentu. Apa pun begitu, sehingga itu nanti akan resmi menjadi milik kedutaan besar,” jelas Muljawan dalam keterangannya pada, Jumat (6/9/2024).

Berbeda dengan mobil itu, Paus Fransiskus beberapa kali melelang barang-barang yang dihibahkan kepadanya untuk menggalang dana bagi komunitas-komunitas karitatif.

Satu di antaranya, pada tahun 2017 lalu, Paus Fransiskus melelang Lamborghini Huracan RWD yang diterimanya langsung dari pihak Lamborgini dan didesain khusus untuknya.

Mobil yang dibuat khusus oleh departemen kustomisasi Ad Persona dan diserahkan langsung oleh Stefano Domenicali, Ketua & Kepala Eksekutif Automobili Lamborghini ini lalu dilelang oleh pihak Vatikan sesuai permintaan Paus.

Mobil dilelang oleh RM Sotheby’s di bulan Mei 2018 dan laku lelang di harga 715 ribu euro atau hampir Rp 12 miliar. Uang hasil penjualan itu diserahkan kepada Paus Fransiskus dan ia sumbangkan kepada empat badan amal.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts