Home ยป Gibran Makin Kuat Ke Kubu Prabowo, Bagaimana Hasil Survei?

Gibran Makin Kuat Ke Kubu Prabowo, Bagaimana Hasil Survei?

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ditemui oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kediamannya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023) pagi.

โ€œAgar Indonesia maju terus, silaturahim tidak boleh terputus. Bismillah, Mas Wali,โ€ sebut Zulhas dalam keterangan.

Dalam keterangannya, Zulhas mengatakan, pertemuan berlangsung pada pukul 09.15 WIB. Dan berlangsung selama 40 menit.

Sebelumnya, Gibran disebut menjadi kandidat kuat bakal calon wakil presiden (bacawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendampingi Prabowo Subianto.

Hal itu menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak batas usia cawapres minimal 35 tahun kecuali pernah menjabat sebagai kepala daerah. Lantas bagaimana hasil survei jika Prabowo dipasangkan dengan Gibran?

Dalam simulasi tiga nama versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru, Prabowo Subianto berhasil mengantongi elektabilitas 37 persen, sementara Ganjar Pranowo 35,2 persen, Anies Baswedan 22,7 persen, dan yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 5,2 persen.

Pun dalam simulasi dua nama, Prabowo Subianto mengantongi angka 52,6 persen jika dihadapkan dengan Anies Baswedan yang hanya meraih 33 persen, sementara angka TT/TJ berkisar sekitar 14,3 persen.

Lalu Prabowo Subianto juga berhasil mengantongi angka 49,2ย persen jika dihadapkan dengan Ganjar Pranowo yang hanya menorehkan angka 37,8 persen dengan angka TT/TJ sebesar 13 persen.

Dalam simulasi yang dilakukan jika Prabowo dipasangkan dengan beberapa nama bakal calon wakil presiden, Prabowo juga masih tercatat unggul dibanding dengan Ganjar-Mahfud dan Anies โ€“ Amin.

Dalam simulasi pertama, Prabowo-Erick berhasil meraih 38 persen atau unggul atas Ganjar-Mahfud MD dengan 32,3 persen dan Anies-Muhaimin dengan 22,9 persen.

Pada simulasi berikutnya, Prabowo yang dipasangkan dengan Khofifah meraih 36,3 persen, unggul atas Ganjar-Mahfud dengan 33 persen dan Anies-Muhaimin dengan 23,4 persen.

Hasil serupa kembali terulang saat Prabowo berpasangan dengan Gibran yang meraih 36 persen, berbanding 33,1 persen yang diraih Ganjar-Mahfud, dan Anies-Muhaimin dengan 23,5 persen.

Namun, menurut para pengamat politik raihan sementara tersebut memang belum memberikan kepastian kemenangan bagi Prabowo. Karena angka TT/TJ dalam survei tersebut masih tinggi, kisaran 13-14 persen, yang bisa saja sebagian besarnya menjadi milik Anies-Imin atau Ganjar-Mahfud.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts