Home » Mantan Perdana Menteri Israel Mendesak Para Pemimpin Dunia untuk Menghindari Netanyahu

Mantan Perdana Menteri Israel Mendesak Para Pemimpin Dunia untuk Menghindari Netanyahu

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Mantan perdana menteri Israel pada hari Kamis (02/11/2023) mendesak para pemimpin dunia untuk menghindari perdana menteri Israel saat ini, Benjamin Netanyahu, karena ia terus melanjutkan rencana untuk merombak sistem peradilan negara tersebut. Amerika Serikat dan Jerman, dua sekutu terdekat Israel, meminta Netanyahu untuk memperlambat langkahnya.

Seruan yang jarang terjadi untuk menahan diri dan intervensi internasional muncul ketika ribuan warga Israel kembali turun ke jalan untuk memprotes rencana Netanyahu.

Ehud Olmert, yang menjabat sebagai perdana menteri pada tahun 2006-2009, mengatakan kepada The Associated Press bahwa para pemimpin global harus menolak bertemu dengan Netanyahu. Dia mengajukan banding secara khusus kepada Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, yang diperkirakan akan menjadi tuan rumah bagi Netanyahu dalam beberapa minggu mendatang.

“Saya mendesak para pemimpin negara sahabat Israel untuk menahan diri bertemu dengan perdana menteri Israel,” kata Olmert.

Dia menambahkan bahwa dirinya menyadari seruannya itu, sebagai mantan perdana menteri Israel, “sangat tidak biasa” namun situasi mengharuskannya.

“Saya pikir pemerintah Israel saat ini anti-Israel,” kata Olmert.

Dia membidik koalisi sayap kanan Netanyahu, sebuah aliansi partai ultra-Ortodoks dan ultranasionalis yang menentang kemerdekaan Palestina dan mendukung peningkatan pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan yang diklaim oleh Palestina.

Sekutu koalisi Netanyahu saat ini memiliki hubungan dekat dengan gerakan pemukim Tepi Barat dan memiliki sejarah pernyataan yang menyinggung warga Palestina, perempuan, kelompok LGBTQ, dan minoritas.

Itamar Ben-Gvir, menteri keamanan nasional saat ini pernah dihukum karena menghasut rasisme dan mendukung kelompok teror. Menteri Keuangan Netanyahu, Bezalel Smotrich, baru-baru ini menyerukan agar sebuah desa Palestina di Tepi Barat yang diduduki untuk “dihapus,” meskipun ia kemudian meminta maaf setelah keributan internasional atas komentar tersebut.

“Mereka yang mendukung negara Israel harus menentang perdana menteri negara Israel,” kata Olmert.

Di sisi lain, juru bicara Netanyahu tidak segera menanggapi permintaan komentar. Netanyahu dan sekutu-sekutunya kini menjalankan rencana yang bertujuan untuk melemahkan Mahkamah Agung Israel dan memberikan koalisi parlemennya kendali atas penunjukan hakim.

Netanyahu mengatakan rencana tersebut akan memperbaiki ketidakseimbangan yang menurutnya telah memberikan terlalu banyak pengaruh pada pengadilan dalam mengatur pemerintahan Israel.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts